Impian (Menjadi Pengusaha) Harus SMART - UTAMA RIZKY

Blog berisi tentang blogging, tutorial, template blogger gratis, olahraga, dan informasi menarik lainnya

Thursday, October 25, 2018

Impian (Menjadi Pengusaha) Harus SMART

Impian (Menjadi Pengusaha) Harus SMART


Mimpi Menjadi Pengusaha Harus Cerdas


Pernahkah kamu mendengar ketika ada sebuah pertanyaan dilontarkan kepada kamu “apa impian kamu?” lalu kamu berkata “ingin menjadi orang sukses” atau “ingin membahagiakan orang tua”. Sekilas nampak bahwa jawaban itu sangat baik dan mulia, tetapi impian itu sangatlah abstrak dan tidak jelas apa ukuran atau indikator kesuksesan tersebut sehingga sangat sulit untuk ditentukan bagaimana langkah-langkah untuk mewujudkannya. Dengan kata lain, impian yang abstrak dan tidak jelas itu sangat dimungkinkan hanya akan menjadi mimpi belaka.

Bila mengacu kepada konsep manajemen tentang bagaimana sebuah impian atau tujuan itu seharusnya dirumuskan, maka kita akan merujuk kepada sebuah konsep yang bernama SMART. Konsep dasar yang harus disadari terlebih dahulu adalah, sukses itu bukanlah sebuah kebetulan, namun sukses adalah by Design (Dengan perencanaan yang matang). Oleh karena itu impian yang kita buat harus Smart (Cerdas).


Lihat juga:


Apa Itu Impian Yang SMART?


Apakah impian yang SMART itu?. Impian yang SMART adalah Impian yang:
  1. Specific
  2. Kamu harus jelas mengenai apa yang kamu inginkan, sehingga kamu akan lebih mudah dalam membuat perencanaan. Dengan demikian, istilah “Saya memiliki impian menjadi orang sukses” bisa diganti dengan misalnya ; “Saya memiliki impian untuk menjadi seorang manajer pemasaran di PT X dengan penghasilan Rp X” atau “saya ingin menjadi seorang wirausahawan di bidang X dengan penghasilan sebesar Rp X" dan lainnya.

  3. Measurable
  4. Impian haruslah terukur. Dengan demikian, kamu akan tahu kapan impian kamu telah tercapai.

  5. Achieveble
  6. Impian kamu harus dapat kamu raih. Jika impian itu terlalu besar, kamu perlu memecah impian itu menjadi impian yang lebih kecil dulu sebagai langkah awal atau bagian dalam pencapaian impian besar.

  7. Realistic
  8. Impian kamu harus masuk akal. Makna masuk akal ini biasanya dikaitkan dengan kemampuan atau ketersediaan sumber daya yang dimiliki.

  9. Time Bond
  10. Impian haruslah memiliki garis waktu yang jelas kapan impian tersebut ingin kamu raih. Misalnya : “Saya memiliki impian mendirikan sekolah bagi anak-anak yang tidak mampu dalam waktu 10 tahun dari sekarang”.


No comments:

Post a Comment