Definisi Dan Jenis Riset Pemasaran Serta Informasi (Data) Yang Digunakan Untuk Pengambilan Keputusan - UTAMA RIZKY

Blog berisi tentang blogging, tutorial, template blogger gratis, olahraga, dan informasi menarik lainnya

Monday, February 10, 2020

Definisi Dan Jenis Riset Pemasaran Serta Informasi (Data) Yang Digunakan Untuk Pengambilan Keputusan

Riset Pemasaran




Definisi Riset Pemasaran


Riset pemasaran adalah kegiatan perencanaan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan yang sistematis dari data atau penemuan yang relevan dengan situasi pemasarn tertentu yang dihadapi perusahaan. Cakupan yang luas, meliputi:
  1. Pengembangan produk
  2. Identifikasi pasar
  3. Mencari desain yang cocok untuk cakupan penjualan, distribusi, promosi, dan fasilitas pelayanan.


Lihat juga:


Informasi Atau Data Yang Digunakan Untuk Pengambilan Keputusan


Jenis Informasi atau Data Untuk Pengambilan Keputusan


Informasi untuk mengambil keputusan pemasaran dapat dikelompokkan sabagai berikut:
  1. Informasi Strategik. Adalah informasi yang diperlukan untuk keputusan strategis, misalnya; keputusan untuk memasuki pasar luar negeri yang spesifik, melakukan diversifikasi ke pasar baru.
  2. Informasi Taktis/operasional. Adalah informasi yang berhubungan dengan keputusan-keputusan taktis, misalnya: perencanaan tentang daerah penjualan
  3. Bank Data. Menyediakan pengetahuan penting tentang segala sesuatu yang melingkupi perusahaan, seperti: trend pasar.

Arah Informasi Manajemen Pemasaran


Informasi manajemen pemasaran memiliki 2 arah, antara lain:
  1. Dari organisasi ke lingkungan
  2. Dari Lingkungan ke organisasi

Dalam kondisi pasar yang dengan cepat berubah perusahaan harus selalu memperbarui pengetahuan, selalu waspada dengan masuknya barang jasa baru dari pesaing, dan dapat memperkirakan trend selera konsumen.

Jenis Riset Pemasaran


Penelitian Produk


Penelitian produk, meliputi:
  1. Analisa biaya, analisa laba, elastisitas harga, analisis permintaan, dan penetapan harga.
  2. Berhubungan dengan desain produk
  3. Pengembangan produk yang sudah ada
  4. Peramalan trend dalam preferensi konsumen sesuai dengan gaya hidupnya
  5. Penampilan produk
  6. Kualitas bahan baku

Penelitian Penjualan


Meliputi distribusi, studi kerja dalam distribusi, studi ekspor dan kondisi Negara lain. Pengajuan secara menyeluruh terhadap aktifitas penjualan, dan perusahaan yang biasanya dilakukan oleh outlet penjualan/daerah penjualan.

Penelitian Konsumen


Meneliti maksud pembelian, kemasan produk, dan studi segmentasi. Penelitian tentang perilaku konsumen mempelajari pengaruh sosial, ekonomi dan psikologi terhadap keputusan pembelian baik pada tingkat konsumen, distribusi perdagangan, maupun laporan industri.

Penelitian Promosi


Penelitian promosi meliputi:
  1. Berkenaan dengan pengujian dan pengevaluasian efektifitas berbagai metode yang digunakan dalam mempromosikan barang dan jasa perusahaan.
  2. Aktifitas : Ekshibisi, PR, iklan konsumen dan perdagangan, tawaran promosi spesial, dll.
  3. Media/sarana: TV, Koran, bioskop, radio, majalah, poster, billboard dan pameran.



No comments:

Post a Comment