Filosofi Manajemen Pemasaran - UTAMA RIZKY

Blog berisi tentang blogging, tutorial, template blogger gratis, olahraga, dan informasi menarik lainnya

Monday, February 10, 2020

Filosofi Manajemen Pemasaran

Filosofi Pemasaran




Ada falsafah yang sebaiknya digunakan sebagai pedoman usaha pemasaran ini untuk mencapai pertukaran yang didambakan dengan pasar sasaran. Pemberian bobot yang harus diberikan pada organisasi, pelanggan, dan masyarakat yang berkepentingan seringkali saling bertentangan, sehingga perlu ada landasan dari aktifitas pemasaran organisasi tersebut. Landasan ini dikelompokkan dalam lima konsep alternatif, antara lain:


Lihat juga:


Falsafah Dalam Konsep Produksi


Falsafah ini menerangkanwbahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau serta manajemen harus berusaha keras untuk memperbaiki produksi dan efesiensi distribusi. Konsep ini merupakan falsafah paling tua digunakan dalam penjualan. Konsep ini masih berlaku dan bermanfaat pada dua situasi, yaitu:
  1. Bila permintaan akan produk lebih besar dari penawarannya
  2. Bila biaya produk terlalu tinggi dan perbaikan produktifitas diperlukan untuk menurunkannya.

Akan tetapi, perusahaan yang menggunakan falsafah ini akan menghadapi resiko tinggi dengan fokus terlalu sempit pada operasionalnya sendiri. Bila perusahaan berusaha menurunkan harga, yang pasti dilupakan adalah kualitas, padahal yang di inginkan konsumen adalah harga rendah dengan barang yang menarik.

Falsafah Dalam Konsep Produk


Falsafah menerangkan bahwa bahwa konsumen akan menyukai produk bermutu terbaik dan sifat paling inovatif dan bahwa organisasi harus mencurahkan energi untuk terus menerus melakukan perbaikan produk.

Falsafah Dalam Konsep Penjualan


Falsafah ini menerangkan bahwa konsumen tidak akan membeli produk suatu perusahaan dalam jumlah yang cukup kecuali organisasi mengadakan usaha penjualan dan promosi berskala besar. Konsep ini biasanya dilakukan pada barang yang tidak dicari, yaitu barang yang mungkin tidak terpikirkan untuk dibeli oleh konsumen, contoh: ensiklopedia, asuransi, dll. Industri ini harus mahir dalam melacak calon pelanggan dan menjual manfaat produk kepada konsumen. Tujuannya adalah menjual yang perusahaan buat, bukan produk apa yang dibutuhkan konsumen.

Falsafah Dalam Konsep Pemasaran


Falsafah manajemen pemasaran ini berkeyakinan bahwa pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang diinginkan itu lebih efektif dan efisien daripada pesaing. Kemungkinan konsep ini dapat membingungkan, bila dibandingkan dengan konsep penjualan. Perbandingan antara konsep penjualan dengan konsep pemasaran, antara lain. Mengapa konsep pemasaran mulai diberlakukan?
  1. Penjualan mulai turun
  2. Pertumbuhan produk melambat
  3. Pola pembelian yang berubah
  4. Persaingan yang meningkat
  5. Biaya penjualan meningkat.

Perusahaan mendapati pengeluaran mereka untuk iklan dan promosi penjualan terasa lepas kendali, sehingga manajemen memutuskan untuk melakukan audit pemasaran untuk menyempurnakan konsep mana yang akan dipakai.

Falsafah Dalam Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial


Falsafah ini menerangkan bahwa organisasi harus menentukan kebutuhan, keinginan, dan minat pasar serta menyerahkan kepuasan yang diinginkan itu secara lebih efektif dan efisien daripada pesaing dengan cara yang bersifat memelihara atau memperbaiki kesejahteraan konsumen dan masyarakat. Konsep ini mengajak pemasar membangun pertimbangan sosial dan etika dalam praktek pemasaran mereka. Hal ini agar dapat menyeimbangkan dan menyelaraskan 3 faktor penting, yaitu: laba perusahaan, pemuas keinginan konsumen, dan kepentingan publik.




No comments:

Post a Comment