Memantau Lingkungan Pemasaran, Jenis Lingkungan Pemasaran, Dan Aspek Yang Harus Diamati - UTAMA RIZKY

Blog berisi tentang blogging, tutorial, template blogger gratis, olahraga, dan informasi menarik lainnya

Tuesday, February 11, 2020

Memantau Lingkungan Pemasaran, Jenis Lingkungan Pemasaran, Dan Aspek Yang Harus Diamati

Memantau Lingkungan Pemasaran




Memantau Lingkungan Pemasaran


Lingkungan pemasaran adalah berbagai aktor dan kekuatan dari luar bagian pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan sasaran. Mengapa lingkungan pemasaran harus terus dipantau?, yakni karena banyak perubahan-perubahan global yang harus cepat diantisipasi oleh perusahaan. Antara lain : percepatan yang besar dalam transportasi, komunikasi, dan transaksi keuangan internasional, yang mengarah pada pertumbuhan perdagangan dan investasi dunia yang pesat, penyebaran gaya hidup global, dll.


Lihat juga:


Jenis Lingkungan Pemasaran Dan Aspek Yang Harus Diamati


Pengaruh faktor dan kekuatan tersebut, dapat dijabarkan dalam:

Lingkungan Mikro Pemasaran


Yaitu berbagai kekuatan yang dekat dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pelanggan.
  1. Perusahaan. Dalam lingkungan internal perusahaan terdapat: manajemen puncak, keuangan, Litbang, pembelian, manufaktur, akunting, dll
  2. Pelanggan. Beberapa tipe pelanggan: pasar konsumen, pasar bisnis, pasar pedagang besar, pasar pemerintah, pasar internasional, dll
  3. Masyarakat. Yaitu kelompok yang mempunyai kepentingan potensial atau yang sudah terwujud pada atau berdampak pada kemampuan suatu organisasi untuk mencapai sasaranya. Sebagai contoh: masyarakat keuangan: bank, investor, pemegang saham; masyarakat atau warga yang bertindak kelompok lingkungan; organisasi konsumen, kelompok minoritas, dll.
  4. Pesaing

Lingkungan Makro Pemasaran


Yaitu berbagai kekuatan masyarakat lebih luas yang dapat mempengaruhi seluruh lingkungan mikro antara lain demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya.
  1. Lingkungan Demografi. Ledakan pertumbuhan penduduk akan menyebabkan peningkatan konsumsi sumber daya dan populasi. Ada pemasar yang mengidentifikasikan lingkungan demografi berdasarkan pertumbuhan populasi dan bauran usia populasi, pasar etnis, kelompok pendidikan, dan pola rumah tangga. Seperti contoh: ada marketer yang mengidentifikasikan kelompok umur sebagai pasar sasaran antara lain:
    • Lingkungan Ekonomi. Pasar membutuhkan daya beli, dan daya beli tergantung pada pendapatan, harga, tabungan, hutang dan ketersediaan kredit saat ini.
    • Lingkungan Alam. Yang harus dicermati: kekurangan bahan baku, biaya energi yang meningkat, tingkat polusi yang meningkat, dan peran yang berubah.
    • Lingkungan Teknologi. Yang perlu diamati adalah tingkat perubahan teknologi yang semakin cepat, peluang inovasi yang tidak terbatas, anggaran Litbang yang beragam dan peraturan yang meningkat atas perubahan teknologi.
    • Lingkungan Politik/Hukum. Keputusan pemasaran sangat dipengaruhi oleh perkembangan dalam lingkungan politik dan hukum, badan pemerintah, dan kelompok independen yang mempengaruhi dan membatasi ruang gerak perusahaan.
    • Lingkungan Sosial/Budaya. Bisa dikelompokkan dua pandangan; (Pertama) Pandangan orang terhadap dirinya; banyak orang yang mencari kesenangan untuk realisasi diri dan ekspresi diri. Contoh: membeli mobil mewah, liburan impian, salon kecantikan. (Kedua) Pandangan orang terhadap sesamanya; mulai ada beberapa orang yang lebih baik berkelompok daripada sendiri, seperti: ikut kegiatan keagamaan, kegiatan kesehatan, dll.




No comments:

Post a Comment