Metode Riset Pemasaran Dan Menyusun Rencana Riset Pemasaran - UTAMA RIZKY

Blog berisi tentang blogging, tutorial, template blogger gratis, olahraga, dan informasi menarik lainnya

Tuesday, February 11, 2020

Metode Riset Pemasaran Dan Menyusun Rencana Riset Pemasaran

Metode Riset Pemasaran




Metode Riset Pemasaran


Metode riset pemasaran, terdiri dari:

  1. Eksploratoris Design, harus:
    • Bersangkutan dengan identifikasi masalah penelitian yang sesungguhnya dan mungkin formulasi hipotesis yang relevan untuk pengujian berikutnya.
    • Didasarkan atas data yang sudah ditertibkan dapat memberikan pengetahuan yang cukup memadai untuk keputusan pemasaran yang harus diambil.

  2. Studi Deskriptif, yakni:
    • Berakar pada pengetahuan tentang variable-variabel pemasaran sehingga dapat menghasilkan informasi khusus. Contoh: performasi produk, pangsa pasar, strategi bersaing dan distribusi.
    • Laporannya bersifat deskriptif, seperti: Permintaan pasar, Profil konsumen, Fenomena ekonomi dan industri, dan Faktor-faktoir lain yang merupakan cirri perilaku pasar secara umum baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

  3. Studi Kasual, yaitu:
    • Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendasari perilaku pasar dan mengevaluasi hubungan dengan interaksinya
    • Analisis pasar dengan segmentasi pasar.



Lihat juga:


Menyusun Rencana Riset Pemasaran


Menyusun Rencana Riset (Penelitian) dalam hal pemasaran dapat menggunakan:
  1. Sumber data: data sekunder dan data primer
  2. Pendekatan riset, seperti:
    • Observasi. Yaitu dengan cara mengamati pelaku dan keadaan yang relevan.
    • Kelompok terfokus. Yaitu kumpulan dari 6-10 orang yang diundang untuk menghabiskan waktu beberapa jam dengan moderator terlatih untuk membahas suatu produk, jasa, organisasi atau satuan pemasaran lainnya. Para peserta dibayar untuk hadir, pertemuannya diadakan dalam suasana menyenangkan sehingga terkesan informalitas, sehingga peserta dapat memberikan pandangan, pendapat, kritik dan saran terhadap permasalahan. Tetapi peserta yang ikut adalah orang yang pernah mencoba produk/jasa tersebut.
    • Survey. Yaitu studi untuk mempelajari pengetahuan, keyakinan, preferensi, kepuasan masyarakat dan lain-lain serta untuk mengukur besarnya dalam populasi.
    • Experiment. Yaitu kegiatan yang mengharuskan penyelesaian kelompok subyek yang sesuai, menghubungkan dengan mereka dengan perlakuan, dan menguji apakah ada perbedaan tanggapan yang diamati signifikan secara statistik. Contoh: Operator Telkomsel memperkenalkan layanan layanan data internet harian baru kepada pelanggannya (dengan asumsi jumlah yang sama yakni 2GB per hari), Telkomsel ingin melihat harga yang tepat untuk pelanggannya (Hari I - tarif Rp. 20.000,-/hari, Hari II - tarif Rp. 10.000,-/hari, Hari III - tarif Rp. 15.000,-/hari), kemudian diteliti, apakah ada perbedaan yang signifikan, antara perubahan tarif dengan perubahan penggunaan layanan data internet tersebut.
  3. Instrumen riset misalnya menggunakan kuisioner. Kuesioner dapat berupa:
    • Pertanyaan tetutup, yaitu daftar pertanyaan yang sudah ditentukan sebelumnya dan responden memilih jawaban yang telah disediakan.
    • Dikotomi yaitu bentuk pertanyaan dengan 2 kemungkinan jawaban. Contoh: Pernahkah menggunakan deterjen “Rinso”? a) Pernah dan b)Tidak pernah.
    • Pilihan ganda/multiple choice yaitu bentuk pertanyaan dengan 3 atau lebih jawaban, contoh: Berapa kali anda membeli deterjen dengan merk “Rinso” dalam 1 bulan ? a) 10x, b) 12x, dan c) 13x.
    • Skala likert yaitu skala yang digunakan untuk menunjukkan pendapat atas kesetujuan atau ketidaksetujuan responden yang diawali dengan pernyataan, contoh : Memang harga sabun cuci piring “sunlight” lebih tinggi dibandingkan produk lain tetapi kualitasnya lebih baik?, a) Setuju, b) Tidak setuju, dan c) Ragu-ragu.
    • Perbandingan semantic yaitu suatu skala yang menghubungkan 2 kata saling berlawanan dimana responden memilih sebuah titik yang menunjukkan pendapatnya. Contoh: Apakah pelayanan Garuda memuaskan (ceklis salah satu angka): - Sangat Memuaskan 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1 Tidak memuaskan -.
    • Skala kepentingan yaitu suatu skala yang menunjukkan tingkat kepentingan dari sejumlah atribut. Contoh: Menurut kamu, pelayanan makanan dalam penerbangan: a) Sangat penting, b) Penting, c) Agak penting, d) Tidak terlalu penting, dan e) Tidak penting.
    • Pertanyaan terbuka yaitu daftar pertanyaan yang memungkinkan responden untuk menjawab dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri.
    • Tidak terstruktur
    • Asosoasi kata dengan penyelesaian kalimat, penyajian cerita, dan penyajian gambar

  4. Rencana pengambilan sample, meliputi;
    • Unit pengambilan sample (siapa yang akan disurvei)
    • Ukuran sample (beberapa orang yang harus disurvei)
    • Prosedur pengambilan sample (prosedur pengambilan sample)

  5. Metode kontrak. Yakni bagaimana subyek harus dihubungi, apakah melalui surat, telpon, secara pribadi (rumah, tempat kerja).



No comments:

Post a Comment