Perencanaan Strategis Berorientasi Pasar Dan Analisis SWOT - UTAMA RIZKY

Blog berisi tentang blogging, tutorial, template blogger gratis, olahraga, dan informasi menarik lainnya

Monday, February 10, 2020

Perencanaan Strategis Berorientasi Pasar Dan Analisis SWOT

Perencanaan Strategis




Perencanaan Strategis Yang Berorientasi Pasar


Perencanaan strategis yang berorientasi pasar yaitu proses manajerial untuk mengembangkan dan menjaga agar tujuan, keahlian, dan sumber daya organisasi sesuai dengan peluang pasar yang terus berubah. Tujuannya untuk membentuk dan menyempurnakan usaha serta produk perusahaan sehingga memenuhi target laba dan pertumbuhan.


Lihat juga:


Analisis SWOT


Untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal dapat digunakan Analisa SWOT yaitu Strenghts (memaksimalkan kekuatan), Waekness (meminimalkan kelemahan), Opportunities (memaksimalkan peluang) dan Threats (meminimalkan ancaman). Analisis SWOT merupakan suatu pekerjaan yang cukup berat karena hanya dengan itu alternatif-alternatif strategis dapat disusun. Kegagalan menganalisisnya berarti gagal dalam mencari relasi dan titik temu antara faktor-faktor strategis dalam lingkungan internal dan lingkungan eksternal, sambil mencari hubungannya dengan misi, tujuan, dan sasaran; juga merupakan kegagalan dalam mempersiapkan suatu keputusan strategis yang baik. Hanya dengan analisis SWOT, keputusan-keputusan strategis yang baik dapat dihasilkan.

Ada empat strategi yang tampil dari hasil analisis SWOT tersebut antara lain:
  1. Strategi SO. Dipakai untuk menarik keuntungan dari peluang yang tersedia dalam lingkungan eksternal. Para manajer tidak akan meninggalkan kesempatan untuk memanfaatkan eksternal. Para manajer tidak akan meninggalkan kesempatan untuk memanfaatkan kekuatannya mengejar peluang yang dimaksud.
  2. Strategi WO. Bertujuan untuk memperbaiki kelemahan internal dengan memanfaatkan peluang dari lingkungan luar.
  3. Strategi ST. Akan digunakan organisasi untuk menghindari atau memperkecil dampak dari ancaman yang datang dari luar.
  4. Strategi WT. Adalah taktik pertahanan yang diarahkan pada usaha memperkecil kelemahan internal dan menghindari ancaman eksternal.

Data eksternal dapat diperoleh dari lingkungan di luar perusahaan, seperti: analisis pasar, pesaing, pemasok, pemerintah, dan kelompok kepentingan tertentu. Sedangkan data internal dapat diperoleh dari dalam perusahaan itu sendiri, yaitu dari laporan keuangan, laporan kegiatan sumber daya manusia, laporan kegiatan operasional dan pemasaran.

Faktor-Faktor Strategis Di Lingkungan Eksternal Perusahaan


  1. Peluang
    • Perubahan struktur demografi
    • Pembangunan ekonomi lokal, regional, dan global

  2. Ancaman
    • Meningkatnya peraturan pemerintah
    • Meningkatnya persaingan
    • Munculnya teknologi baru
    • Perusahaan pesaing


Faktor-Faktor Strategis Di Lingkungan Internal Perusahaan


  1. Kekuatan
    • Budaya perusahaan yang mempunyai nilai, harapan serta kebiasaan masing-masing orang yang ada di perusahaan tersebut, yang pada umumnya tetap dipertahankan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
    • Pengalaman top manajemen
    • Integrasi vertikal, yaitu kerja sama yang baik antara top management dengan bawahan
    • Hubungan yang baik dengan orang lain
    • Memiliki orientasi internasional

  2. Kelemahan
    • Research and Development yang kurang mendukung
    • Saluran yang kurang efektif bekerja
    • Kondisi keuangan yang kurang baik
    • Posisi global yang kurang menguntungkan




No comments:

Post a Comment