Perencanaan Taktis Dan Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas, Pelayanan, Dan Nilai - UTAMA RIZKY

Blog berisi tentang blogging, tutorial, template blogger gratis, olahraga, dan informasi menarik lainnya

Tuesday, February 11, 2020

Perencanaan Taktis Dan Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas, Pelayanan, Dan Nilai

Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas




Perencanaan Taktis


Salah satu perencanaan taktis yakni dengan menggunakan konsep MARKETING MIX/BAURAN PEMASARAN, Marketing mix adalah perangkat alat pemasaran tektis yang dapat dikendalikan, yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan pasar sasaran. Marketing mix adalah semua faktor yang dapat dikuasai oleh seorang manajer pemasaran dalam rangka mempengaruhi permintaan konsumen terhadap barang dan jasa. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu: Product, Place, Price, Promotion (4P).


Lihat juga:


Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas, Pelayanan, Dan Nilai


Pelanggan adalah pihak yang memaksimumkan nilai, dan para pemasar harus menentukan jumlah nilai bagi pelanggan dan jumlah biaya yang ditawarkan setiap pesaing untuk mengetahui bagaimana posisi penawaran mereka sendiri. Kepuasan pelanggan merupakan fungsi dari pandangan terhadap kinerja produk dan harapan pembeli. Banyak perusahaan yang bertujuan TCS (Total Customer Satisfaction), sehingga para manajer pemasaran mempunyai tanggung jawab yang terpusat pada kualitas, yaitu mereka harus berpartisipasi dalam merumuskan strategi dan kebijakan yang dirancang untuk membantu perusahaan agar unggul dalam persaingan melalui keistimewaan kualitas total termasuk kualitas pemasaran dan kualitas produksi.

Mengapa perusahaan harus mementingkan pelanggan?
  1. Pelanggan adalah orang yang penting dari segala urusan bisnis
  2. Pelanggan tidak tergantung kepada perusahaan, tetapi perusahaanlah yang tergantung pada mereka
  3. Pelanggan membentuk perusahaan dan pantaslah mendapat pelayanan dari perusahaan dengan baik
  4. Pelanggan bukanlah benda yang dapat dihitung dengan statistik. Pelanggan adalah manusia yang hidup dan memiliki perasaan dan emosi
  5. Pelanggan bukanlah seseorang yang dapat didebat dan dipermainkan seleranya
  6. Pelanggan adalah mereka yang datang dengan keinginan, kebutuhan, dan harapan. Dengan demikian tugas perusahaan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Bagaimana mengetahui, mengukur, atau memantau kepuasan pelanggan?. Ada beberapa metode yang dapat digunakan, antara lain ;
  1. System keluhan dan saran. Contoh: menyediakan kotak saran dan keluhan, kartu komentar, customer hot lines, dll
  2. Survey kepuasan pelanggan. Contoh: dengan questioner baik dikirim lewat pos ataupun diberikan pada saat pelanggan berbelanja, pembicaraan secara pribadi lewat telepon ataupun wawancara langsung, dll
  3. Lost Customer Analysis. Perusahaan menghubungi para pelanggan yang telah berhenti membeli dari perusahaan atau mereka yang telah beralih ke pesaing
  4. Ghost Shopping. Perusahaan menggunakan Ghost Shopper untuk mengamati kekuatan dan kelemahan produk serta pelayanan perusahaan dan pesaing.
  5. Sales related methode. Kepuasan pelanggan diukur dengan criteria pertumbuhan penjualan, pangsa pasar dan rasio pembelian ulang
  6. Customer panels. Perusahaan membentuk panel pelanggan yang nantinya dijadikan sample secara berkala untuk mengetahui apa yang mereka rasakan dari perusahaan dan semua pelayanan perusahaan.

Perusahaan perlu memperhatikan kepuasan pelanggan, karena banyak manfaat yang dapat diambil perusahaan, antara lain:
  1. Reputasi perusahaan semakin positif di mata masyarakat pada umumnya dan pelanggan pada khususnya
  2. Dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan
  3. Memungkinkan terciptanya rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mouth) yang menguntungkan bagi perusahaan sehingga semakin banyak orang yang membeli dan menggunakan produk tersebut
  4. Meningkatkan keuntungan
  5. Mendorong setiap anggota organisasi untuk bekerja dengan tujuan serta kebanggaan yang lebih baik




No comments:

Post a Comment