Cara Setting Tag Header Robot Kustom Di Blogger (Blogspot) Yang Benar - UTAMA RIZKY

Blog Yang Ditujukan Untuk Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Monday, November 30, 2020

Cara Setting Tag Header Robot Kustom Di Blogger (Blogspot) Yang Benar


Tag Header Robot Kustom





Hai Sahabat. . Hari ini saya akan memberi tahu Bagaimana cara melakukan setting yang benar pada Tag Header Robot kustom di Blogger atau Blogspot. Dan juga agar kalian mengetahui Apa pengaruhnya atau dampaknya pada website jika melakukan perubahan yang tidak tepat / keliru.




Daftar isi
  1. Apa itu Tag Header Robot Kustom?
  2. Jenis-Jenis Tag Header Robot Kustm
  3. Fitur Tag Header Robot Kustom dan Fungsinya
  4. Cara Setting Tag Header Robot Kustom Di Blogger atau Blogspot Yang Benar
  5. Catatan


Apa itu Tag Header Robot Kustom


Tag header (tajuk) robot kustom adalah perintah robot kepada mesin pencari untuk melakukan pengecekan, perayapan dan pengindeksan pada situs kita. Maka jika salah dalam memberikan kode perintah pada Tags tersebut, tentu akan berdampak buruk bagi blog. Perintah yang dikirimkan pada robot crawler ini bertujuan menginformasikan apa saja yang bisa dan tidak bisa diindex. Tentu ini menjadi sesuatu yan harus dilakukan dengan benar agar website kita bisa dirayapi dan diindex sesuai perintah Tags Header Robot Kustom yang kita atur. Selain itu, Tag Header Robot Kustom ini akan sangat berpengaruh besar untuk SEO blog.



Pengarutan Tag Header Robot Kustom ini adalah merubah nilai default blogger (blogspot) tentang cara pengindeksan dan perayapan yang dilakukan oleh sistem blogger secara otomatis dan kemudian diubah menjadi manual dengan mengatur sendiri fitur tag perintah pada Tag Header Robot Kustom tersebut.



Jenis-Jenis Tag Header Robot Kustdm


Di blogger atau blogspot, terdjpat 3 jenis tag header robot kustom, jntara lain: 1) Tag Halaman Beranda, 2) Tag Arsip dan Penelusuran, dan 3) Tag Halaman dan Postingan. Ketiganya merupakan bagian atau kerangka utama pada blogger (blogspot) dan sudah seharusnya untuk melakukan settingan dengan benar agar ketiga jenis Tag Header Robot Kustom tersebut bisa dimaksimalkan dengan baik pada mesin pencari.



Fitur Tag Header Robot Kustom dan Fungsinya


Berikut ini adalah bebearpa fitur tag header robot kustom yang harus kamu ketahui terlebih dahulu agar bisa dipahami fungsinya untuk optimasi pada mesin pencari.


  1. all
  2. Jika kamu mengaktifkan fitur tag header robot kustom ini, maka perayap boleh mengindex semua/ tidak boleh



  3. :noindex
  4. Fungsi fitur tag header robot kustmm ini adalah mencegah mesin pencari mengindeks halaman web kamu.



  5. nofollow
  6. Tag nofollow dan dofollow berfungsi untuk tautan keluar. Dofollow adalah tag robot default untuk semua tautan keluar kamu. Itu berarti mesin pencari dapat menyelinap ke halaman yang kamu tautkan. Jika kamu tidak ingin bot mencari melalui tautan kamu, maka kamu harus mengaktifkan fitur tag header robot kustom yakni "nofollow".



  7. none
  8. Fungsi fitur tag header robot kustom ini adalah Perintah untuk noindex, nofollow, atau mengatakan pada search engine: “Jangan lakukan apapun terhadap halaman ini”.



  9. noarchive
  10. Fungsi fitui Tag header robot kustom adalah untuk mematikan versi cache di halaman pencarian, sehingga data tetap selalu fresh.



  11. nosnippet
  12. Potongan teks dalam hasil pencarian membantu orang menemukan apa yang ada di halaman web. Jika kamu ingin konten tetap eksklusif, kamu dapat mengaktifkan fitur tag header robot kustom ini.



  13. noodp
  14. Open Directory Project atau Dmoz adalah direktori situs web buatan manusia. Google terkadang menggunakan informasi dari sana. Kamu dapat mematikannya dengan fitur tag header robot kustom ini jika mau.



  15. notranslate
  16. Fungsi fitur tag header robot kustom ini adalah untuk menonaktifkan terjemahan di situs kamu.



  17. noimageindex
  18. Fungsi fgtur tag header robot kustom ini adalah untuk mencegah Google untuk mengindeks gambar kamu.



  19. available_after
  20. Di Blogger, kamu akan mendapatkan bidang yang tepat untuk fitur tag header robot kustom ini. Jadi, halaman web akan dideindex setelah waktu ini.




Cara Setting Tag Header Roboj Kustom Di Blogger (Blogspot) Yang Benar


Setelah semuanya sudah diterangkan dengan jelas tentang pengertian dan fungsi fitur yang terdapat pada tag header robot kustom. Saatnya kita ke topik utama dari postingan ini, yaitu Cara Setting Tag HeaderRobot Kustom Di Blogger atau Blogspot Yang Benar. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dan mengatur tag header robot kustom.


  1. Login ke Blogger
  2. Langkah pertama, cara setting tag header robot kustom di blogger (blogspot) yang benar, adalah Masuk ke Blogger dengan menggunakana Akun Gmail kadu.



  3. Pilih Menu Setelan dan Cari Fitur Tag Header Robot Kustom
  4. Langkah keadua, cara setting tag header robot kustom di blogger (blogspot) yang benar, adalah Pilih menu "Setelan" atau "Settings". Pilih "Preferensi Penelusuran" atau gulir ke bawah sampai ditemukan fitur "Tag Header Robot Kustom".



  5. Aktifkan dan Atur Tag Header Robot Kustm
  6. Langkah ketiga, cara setting tag header robot kustom di blogger (blogspot) yang benar, adalah Aktifkan fituur "Tag Header Robot Kustom". Kemtdian atur 3 jenis tag header robot kustom yang tersedia sesuji petunjuk di bawah ini.


    • Pada "Tag Arsip dan Penelusuran" pilih "noindex" dan "noarchhive".

  7. Klik Simpan dan Selesai. .


Catatan


Pengaturan tag header robot kustom bertujuan untuk meningkatkan visibitas sebuah situs kepada mesin pencari tentang apa saja yang bisa dan tidak bisa untuk dirayapi. Dan penting untuk diketahui bahwa jangan pernah melakukan centang pada area noindex pada bagian post. Karena hal tersebut akan membuat semua postingan kamu tidak akan dirayapi dan hal tersebut akan membuat kamu kehilangan banyak waktu untuk melakukan setting ulang pada search console untuk melakukan perbaikan.



Demikian tutorial kali ini tentang Cara SettingTag Header Robot Kustom Di Blogger (Blogspot) yang benar.



Lihaj juga

3 comments:

  1. Kalau pada artikel, cocoknya menggunakan yang mana ya Mas? Saya pakai tag all dan alhamdulillah keindeks semua artikel saya, tapi untuk gambar memang kadang ada yang tidak terindeks.

    ReplyDelete
  2. setelah membaca 2 artikel di blog ini, saya menjadi tercerahkan. Terima kasih artikelnya sangat lengkap dan membantu blogger baru seperti saya yg sedang mengembangkan blog untuk alat promosi marketing rumah bandung

    ReplyDelete
  3. yang bagus yang mana untuk di aktifkan?

    ReplyDelete

Tulis Komentar Di Sini