Apa Itu Vitamin A? - UTAMA RIZKY

Blog Yang Ditujukan Untuk Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Friday, March 30, 2018

Apa Itu Vitamin A?

Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin A juga dikenal sebagai retinol. Vitamin ini memiliki beberapa fungsi penting, di antaranya:
  • Membantu pertahanan alami tubuh kamu terhadap penyakit dan infeksi (sistem kekebalan)
  • Membantu penglihatan tetap baik
  • Menangkal radikal bebas (anti oksidan)

Sumber vitamin A yang baik


Sumber vitamin A yang bagus meliputi: keju, telur, ikan, susu, yoghurt, dan hati. Ini adalah sumber yang sangat kaya vitamin A. Kamu juga bisa mendapatkan vitamin A dengan memasukkan sumber beta-karoten yang baik dalam makanan sehari-hari, karena tubuh dapat mengubahnya menjadi vitamin A. Sumber beta-karoten yang baik, seperti: bayam, wortel, ubi jalar, paprika merah, apel, dan pepaya.

Berapa banyak vitamin A yang saya butuhkan?


Jumlah vitamin A untuk orang dewasa (19-64 tahun) adalah: 0.7mg sehari untuk pria, dan 0.6mg sehari untuk wanita. Kamu harus bisa mendapatkan semua vitamin A yang kamu butuhkan dari makanan sehari-hari. Vitamin A yang tidak dipakai oleh tubuh kamu akan disimpan untuk digunakan di kemudian hari. Ini berarti kamu tidak membutuhkannya setiap hari.

Apa yang terjadi jika saya mengonsumsi terlalu banyak vitamin A?


Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi lebih dari rata-rata 1,5 mg sehari vitamin A selama bertahun-tahun dapat mempengaruhi tulang kamu, membuat tulang lebih cenderung mudah patah ketika kamu lebih tua. Ini sangat penting bagi orang tua, terutama wanita, yang sudah berisiko osteoporosis , suatu kondisi yang melemahkan tulang. Jika kamu mengonsumsi hati terlalu sering, kamu mungkin mendapatkan terlalu banyak vitamin A. Jika kamu mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, pastikan asupan harian kamu dari makanan dan suplemen tidak melebihi batas.

Apa yang disarankan Terkait Vitamin A?


Kamu harus bisa mendapatkan semua vitamin A yang kamu butuhkan dengan makan makanan yang bervariasi dan seimbang. Jika kamu mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, jangan terlalu banyak mengonsumsinya karena ini bisa berbahaya. Hati adalah sumber yang sangat kaya vitamin A, sehingga jangan makan hati terlalu sering. Kamu juga harus menyadari berapa banyak vitamin A yang ada dalam suplemen apa pun yang kamu konsumsi.



Sumber:
NHS


No comments:

Post a Comment

Tulis Komentar Di Sini