Apa Itu Pemasaran: Pengertian dan Cakupannya - UTAMA RIZKY

Blog Yang Ditujukan Untuk Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Sunday, October 21, 2018

Apa Itu Pemasaran: Pengertian dan Cakupannya

Apa Itu Pemasaran: Pengertian dan Cakupan


Definisi Pemasaran



Kata Marketing ini boleh dikatakan sudah diserap ke dalam bahasa kita, namun juga diterjemahkan dengan istilah pemasaran. Asal kata pemasaran adalah pasar = market. Pengertian pemasaran sesungguhnya jauh lebih luas dibanding penjualan maupun periklanan.


Lihat juga:


Menurut para ahli, pemasaran adalah sebuah proses kemasyarakatan dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan orang lain.

Dengan demikian kalau kita mendengar kata “pemasaran” berarti kita harus menghubungkan sebagian kegiatan perusahaan seperti penjualan, perdagangan, distribusi, dan penetapan harga dan sebagainnya, karena menyangkut berbagai hal inilah yang membuat fungsi pemasaran sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan perusahaan.

Pada dasarnya fungsi pemasaran adalah suatu proses kegiatan yang sederhana dari barang sebelum produksi sampai dengan bagaimana supaya sampai ditangan konsumen yang dapat menghasilkan laba perusahaan atau paling tidak sampai kembalinya modal perusahaan.

Cakupan Pemasaran


Pemasaran mencakup kegiatan :
  1. Menyelidiki dan mengetahui apa yang diinginkan.
  2. Merencanakan dan mengembangkan sebuah produkatau jasa yang memenuhi keinginan.
  3. Memutuskan cara terbaik untuk menentukan harga, mempromosikan harga dan mendistribusikan produk dan jasa tersebut.

Kesimpulan


Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah proses yang mencakup barang dan jasa serta gagasan berdasarkan penukaran dan tujuannya adalah memberikan kepuasan bagi pihak yang terkait.


No comments:

Post a Comment

Tulis Komentar Di Sini