Bauran Pemasaran (Marketing Mix): Definisi dan Variabel - UTAMA RIZKY

Blog berisi tentang blogging, tutorial, template blogger gratis, olahraga, dan informasi menarik lainnya

Sunday, October 21, 2018

Bauran Pemasaran (Marketing Mix): Definisi dan Variabel

Bauran Pemasaran (Marketing Mix): Definisi dan Variabel


Pengertian Bauran Pemasaran


Bauran pemasaran adalah kumpulan alat pemasaran teknis terkendali yang dipandukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkannya di pasar sasaran.


Lihat juga:


Variabel Bauran Pemasaran


Bauran pemasaran terdiri dari segala sesuatu yang dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan produknya. Kemungkinan yang dapat dilakukan perusahaan itu dapat digolongkan menjadi empat kelompok variabel. Variabel-variabel tersebut dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok utama yang dikenal dengan 4-P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Promotion (Promosi), Place (Tempat). Secara garis besar keempat variabel tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. Produk (Product)

  2. Produk adalah apa saja yang dapat ditawarkan ke dalam pasar untuk dipromosikan, dimiliki, digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan.

  3. Harga (price)

  4. Harga adalah sejumlah uang yang dikeluarkan untuk memperoleh produk dan jasa. Dalam arti luas, harga adalah jumlah dari penukaran nilai konsumen untuk keuntungan dari menggunakan produk dan jasa. Harga merupakan satu-satunya elemen dalam bauranpemasaran yang menghasilkan keuntungan, sedangkan elemen lain menimbulkan biaya.

  5. Distribusi (Place)

  6. Distribusi merupakan kegiatan penyampain produk dari produsen ke tangan konsumen pada waktu yang tepat. Didalam menentukan pemilhan saluran distribusi yang paling efektif untuk membina dan mendekati para pembeli sehingga produk-produk sampai ke tangan konsumen.

  7. Promosi (Promotion)

  8. Promosi sebagai suatu variabel dari marketing mix yang penting, dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya, dengan jalan mengiklankan atau kegiatan lainnya.


Selanjutnya sesuai dengan perkembangan jaman, bauran pemasaran jasa di perluas (expended marketing mix for sevice) dengan 4P yaitu: orang (people), sarana fisik (physical evidence), proses (process), dan produktifitas dan kualitas, sehingga menjadi delapan unsur (8P).


No comments:

Post a Comment