Pengertian, Pengembangan, dan Klasifikasi Produk - UTAMA RIZKY

Blog Yang Ditujukan Untuk Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Saturday, November 10, 2018

Pengertian, Pengembangan, dan Klasifikasi Produk

Produk: Definisi, Pengembangan, dan Klasifikasi


Pengertian Produk

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen. Produk juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu penawaran dari seorang atau perusahaan yang mempunyai manfaat, baik berupa benda nyata maupun benda abstrak yang tidak berwujud, yang tujuanya memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen.


Pengembangan Produk


Pengembangan suatu produk baiknya dilakukan dengan cara yang terkonsep atau terencana karena setiap produk memiliki umur yang berbeda (life cycle), maka dari itu pengembangan produk akan memberi kemungkinan kepada produsen untuk mengeluarkan produk penganti terlebih dahulu sebelum umur dari produk yang lama habis atau mengalami penurunan (decline). Pengembangan pada suatu produk dapat membentuk: Produk yang 100% baru, perubahan desain (redesign) produk, pengemasan (packaging), dll.

Adapun tahap-tahap pengembangan produk yang dapat memuaskan pelanggan terdiri dari beberapa hal, antara lain:
  1. Identifikasi pelanggan potensial
  2. Identifikasi atribut yang penting bagi pelanggan
  3. Identifikasi peluang-peluang agar dapat melakukan pengambangan pada produk yang telah ada
  4. Pelaksanaan perbaikan proses

Klasifikasi Produk


Dalam mengembangkan strategi pemasaran produk dan jasa, produsen harus mengembangkan beberapa klasifikasi produk. Pemasaran biasanya mengklasifikasikan produk berdasarkan macam-macam karakteristik produk seperti:
  1. Menurut Sifatnya, antara lain:
    • Durable goods (barang tahan lama), adalah barang yang berwujud yang biasanya dapat digunakan dalam waktu yang relatif lama. Contohnya: handphone.
    • Nondurable goods (barang tidak tahan lama), adalah barang berwujud yang biasanya dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pengguna. Contohnya: Pasta gigi, Sabun mandi, dll.
    • Jasa, adalah kegiatan layanan yang ditawarkan produsen atau perusahaan pada konsumennya, seperti Jasa Travel, Bengkel motor, dll.

  2. Berdasarkan tujuan pembeliannya adalah:
    • Produk konsumsi, (customer product), adalah produk atau barang–barang yang dibelikan atau disewa oleh konsumen untuk kepentingan pribadinya.
    • Produk industri, adalah produk atau barang yang disewa atau dibeli oleh konsumen, baik perorangan maupun organisasi untuk digunakan dalam proses produksi lebih lanjut pada proses bisnis lainnya.



No comments:

Post a Comment

Tulis Komentar Di Sini