Cara Membuat Sitemap (Daftar Isi) Blog Di Blogger Berdasarkan Label - UTAMA RIZKY

Blog Yang Ditujukan Untuk Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Thursday, December 3, 2020

Cara Membuat Sitemap (Daftar Isi) Blog Di Blogger Berdasarkan Label


Sitemap Blog




Hai, Sahabat. . Hari ini, saya akan membagikan tutorial cara membuat sitemap (daftar isi) blog di Blogger berdasarkan label dengan tampilan yang keren atau menarik. Sitemap (daftar isi) blog sering sekali dibicarakan oleh para blogger, terutama bagi blogger pemula. Apa itu sitemap dan keuntungannya merupakan hal yang biasa ditanyakan oleh para blogger pemula.




Daftar isi
  1. Apa itu Sitemap?
  2. Manfaat Sitemap (Daftar isi) Blog
  3. Manfaat Sitemap Blog Bagi Pengunjung
  4. Cara Membuat Sitemap Di Blogger Yang Menarik Berdasarkan Label


Apa Itu Sitemap?


Sitemap atau peta situs atau bisa disebut juga daftar isi blog, adalah halaman khusus yang berisi daftar semua judul postingan (yang mengandung url) yang terdapat pada blog kamu. Sitemap dapat memberikan berbagai informasi yang telah terjadi pada blog kamu ke search engine. Hal ini dapat mencangkup segala kondisi data url blog atau website kamu saat itu juga.



Manfaat Sitemap atau Daftar Isi Blog


Dengan adanya sitemap, blog atau website kamu akan lebih mudah untuk memperkenalkan data url ke Search Engine. Sehingga, blog kamu akan lebih cepat terindeks di mesin pencari Google. Pembuatan sitemap ini juga termasuk salah satu tips sederhana SEO (Search Engine Optimization) yang sering diperhatikan oleh banyak kalangan blogger. Sitemap secara otomatis akan terupdate ketika kamu memposting artikel terbaru. Tentu, ini juga akan menginformasikan ke search engine bahwa blog atau website kamu masih dikelola dengan baik dan masih terus memberikan manfaat kepada banyak orang.



Manfaat Sitemap Blog Bagi Pengunjung


Bagi pengunjung, Sitemap atau daftar isi blog sangat bermanfaat untuk membantu pengunjung dalam melihat berbagai macam kumpulan artikel menurut label yang ada di blog atau situs kamu. Dengan itu, pengunjung dapat dengan mudah untuk menemukan postingan atau artikel apa pun yang ingin Ia cari.



Manfaat lain dari sitemap atau daftar isi blog adalah dapat mendorong pageview dan mengurangi bounce rate pada blog atau situs kamu. Tentu manfat sitemap ini akan membuat blog kamu menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Nah, di bawah ini saya akan memberikan tutorial "Cara Membuat Sitemap Blogger Yang Menarik Berdasarkan Label" untuk kalian semua. Berikut tutorialnya.



Cara Membuat Sitemap Blog Di Blogger Yang Menarik Berdasarkan Label


Berikut adalah langkah-langkah cara membuat sitemap atau daftar isi blog di blogger berdasarkan label dengan tampilan yang keren dan menarik.


  1. Login ke Blogger
  2. Langkah 1, Cara membuat sitemap (daftar isi) blog di blogger berdasarkan label, adalah Login ke Blogger dengan menggunakan Akun Google kamu.



  3. Buat Halaman Baru
  4. Langkah 2, Cara membuat sitemap (daftar isi) blog di blogger berdasarkan label, adalah Klik menu "Halaman/Laman" dan kemudian buat "Halaman baru".



  5. Buat Judul Halaman dan Letakkan Kode

  6. Langkah 3, Cara membuat sitemap (daftar isi) blog di blogger berdasarkan label, adalah Beri judul pada Halaman Baru dengan nama *Sitemap" atau "Daftar isi". Kemudian ubah "Mode Menulis" ke "Mode HTML". Kemudian, silahkan kamu copy kode di bawah ini di kolom yang tersedia pada Mode HTML.



      <style type="text/css">
      #toc{width:99%;margin:5px auto;border:1px solid #2D96DF;
      -webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
      -moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
      box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);}
      .labl{color:#FF5F00;font-weight:bold;margin:0 -5px;
      padding:1px 0 2px 11px;background: #3498DB;
      border:1px solid #2D96DF;
      border-radius:4px;-moz-border-radius:4px;
      -webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb;
      -moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;}
      .labl a{color:#fff;}
      .labl:first-letter{text-transform:uppercase;}
      .new{color:#FF5F00;font-weight:bold;font-style:italic;}
      .postname{font-weight:normal;background:#fff;margin-left: 35px;}
      .postname li{border-bottom: #ddd 1px dotted;margin-right:5px}
      </style>
      <br />
      <div id="toc">
      <script src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/penaindigo/Pena-Indigo-Code@a134f9def601a6f77332eccc35d3d20e0d3c7e49/sitemappenaindigo.js" type="text/javascript"></script>
      <script src="/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
      </script></div>

  7. Klik Publikasikan.
  8. Setelah Klik "Publikasikan" berarti kamu sudah berhasil membuat halaman sitemap atau dafjar isi blog. Untuk melihat contohnya, kamu klik >> CONTOH SITEMAP BLOG ..




Nah, itulah beberapa langkah mudah dan cepat mengenai cara membuat sitemap (daftar isi) blog di blogger berdasarkan label dengan tampilan yang keren dan menarik. Cukup mudah kan??.



Lihat juga

3 comments:

  1. Sippp, kunjungi balik yah

    https://artwino.blogspot.com/2020/12/tips-hemat-di-awal-bulan.html

    ReplyDelete
  2. Sippp, kunjungi balik yah

    https://artwino.blogspot.com/2020/12/tips-hemat-di-awal-bulan.html

    ReplyDelete

Tulis Komentar Di Sini