Citra Merek - Pengertian, Aspek-Asgek, Dan Faktor-Faktor Pembentuk - UTAMA RIZKY

Blog Yang Ditujukan Untuk Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Monday, January 18, 2021

Citra Merek - Pengertian, Aspek-Asgek, Dan Faktor-Faktor Pembentuk


Citra Merek



Hai, Sahabat. . Hari ini, saya akan membahas tentang Pengertian, Aspek-Asgek, Dan Faktor-Faktor Pembentuk Citra Merek.




Daftar isi
  1. Pengertian Citra
  2. Pengertian Merek
  3. Pengertian Citra Merek
  4. Aspek-Aspek Citra Merek
  5. Faktor-Faktor Pembenuk Citra Merek


Pengertian Citra


Definisi atau pengertian Citra adalah kesan yang timbul yang disebabkan pemahaman akan suatu kenyataan yang ada. Definisi atau pengertian Citra adalah kesan yang diperoleh sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman seseorang tentang sesuatu.



Pengertian Merek


Definisi atau pengertian Merek adalah nama, simbol, tanda, istilah, desain, atau kombinasi dari semuanya itu yang dimaksudkan untuk mengindentifikasi barang dan jasa dari seseorang atau sekelompok penjual untuk membedakannya dari produk pesaing. Selain itu, definisi atau pengertian Merek adalah suatu nama dan atau simbol yang bersifat membedakan (seperti: sebuah logo, cap atau kemasan) dengan maksud mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang penjual atau sebuah kelompok penjual tertentu.



Pengertian Citra Merek


Definisi atau pengertian Citra merek (brand image) adalah segala suatu yang berhubungan dengan ingatan akan suatu merek tertentu, citra merek terbentuk di dalam benak konsumen, yakni dimana konsumen menangkap dan menerjemahkan sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh suatu merek melalui produknya, baik berdasarkan atribut fungsional produk maupun melalui karakteristik atau identitas fisik merek itu sendiri, seperti: nama, simbol, dan slogan.



Aspek-Aspek Citra Merek


Suatu citra merek memiliki beberapa aspek, yaitu: kekuatan (strengthnes), keunikan (uniqueness), dan favorable.


  1. Kekuatan (Strengthness)
  2. Dalam hal ini, Aspek citra merek ini adalah keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh merek yang bersifat fisik dan tidak ditemukan pada merek lainya. Keunggulan merek ini mengacu pada atribut-atribut fisik atas merek tersebut sehingga bisa dianggap sebagai sebuah kelebihan dibandingkan dengan merek lainnya. Yang termasuk pada kelompok aspek citra merek ini antara lain: penampilan fisik produk, keberfungsian semua fasilitas pendukung dari produk tersebut, dll.



  3. Keunikan (uniqueness)
  4. Aspek citra merek ini adalah kemampuan untuk membedakan sebuah merek diantara merek-merek lainya. Kesan unik itu muncul dari atribut produk, menjadi kesan unik berarti terdapat diferensiasi antara produk satu dengan produk lainnya. Termasuk dalam kelompok unik ini antara lain: variasi layanan yang bersangkutan, dll.



  5. Favorable
  6. Aspek citra merek ini mengarah pada kemampuan merek tersebut agar mudah diingat oleh konsumen. Yang termasuk dalam kelompok favorable ini antara lain: kemudahan merek produk untuk diucapkan, kemampuan merek untuk tetap diingat oleh pelanggan, kesesuaian antara kesan merek dibenak pelanggan dengan citra yang diinginkan perusahaan atas merek bersangkutan, dll.




Faktor-Faktor Pembentuk Citra Merek


Citra merek dapat dibentuk oleh beberapa faktor, antara lain:


  1. Kualitas atau Mutu. Faktor pembentuk citra merek ini berkaitan dengan kualitas produk yang ditawarkan oleh produsen dengan merek tertentu.

  2. Dapat dipercaya atau diandalkan. Faktor pembentuk citra merek ini berkaitan dengan pendapat atau kesempatan yang dibentuk oleh masyarakat tentang suatu produk yang dikonsumsi.

  3. Kegunaan atau Manfaat. Faktor pembentuk citra merek ini berkaitan dengan fungsi dari suatu produk yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen.

  4. Pelayanan. Faktor pembentuk citra merek ini berkaitan dengan tugas produsen dalam melayani konsumennya.

  5. Resiko. Faktor pembentuk citra merek ini berkaitan dengan besar kecilnya akibat untung dan rugi yang mungkin dialami oleh konsumen.

  6. Harga. Faktor pembentuk citra merek ini berkaitan dengan tinggi rendahnya atau banyak sedikitnya jumlah uang yang dikeluarkan konsumen, hal ini akan mempengaruhi suatu produk dan juga dapat mempengaruhi citra jangka panjang.

  7. Citra yang dimiliki oleh merek itu sendiri. Faktor pembentuk citra merek ini berupa pandangan, kesepakatan, dan informasi yang berkaitan dengan suatu merek dari produk tertentu.



Demikianlah penjelasan tentang Pengertian, Aspek-Asgek, Dan Faktor-Faktor Pembentuk Citra Merek.




Lihat juga:

Semoga bermanfaat. .



No comments:

Post a Comment

Tulis Komentar Di Sini