Cara Membuat Postingan atau Artikel Yang SEO Friendly - UTAMA RIZKY

Blog Yang Ditujukan Untuk Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Friday, December 4, 2020

Cara Membuat Postingan atau Artikel Yang SEO Friendly


Postingan yang SEO Friendly




Hai, Sahabat. . Hari ini, saya akan membahas cara membuat postingan atau artikel yang SEO Friendly. Artikel atau postingan yang baik dan SEO Friendly itu sangat penting karena dapat membuat artikel kita di peringkat pertama dalam hasil pencarian.




Daftar isi
  1. Mengapa Kita Harus Menguasai Cara Membuat Postingan atau Artikel Yang SEO Friendly?
  2. Cara Membuat Postingan atau Artikel Yang SEO Frindly
  3. Kesimpulan


Blog pribadi maupun website perusahaan selalu membutuhkan artikel untuk diunggah secara teratur. Postingan yang dibuat pun tidak bisa sembarangan. Artikel harus berkualitas secara kaidah SEO dan harus dapat memberikan performa baik di hasil mesin pencarian Google. Sehingga penulis blog atau website harus menguasai cara membuat postingan atau artikel yang ramah SEO atau SEO friendly.



Sebagai penulis artikel, kita harus memahami bagaimana cara membuat postingan atau artikel yang baik dan SEO Friendly agar selalu muncul di halaman pertama hasil pencarian.



Mengapa Kita Harus Menguasai Cara Membuat Postingan atau Artikel Yang SEO Friendly?


Semakin sering postingan kita berada di halaman pertama hasil pencarian, semakin bagus juga kualitas blog atau website yang kita kelola. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak trafik yang datang, dan tentunya semakin banyak yang membaca artikel kita. Kita bisa saja menulis postingan yang bagus tanpa memperhatikan SEO. Namun, tidak bisa dijamin artikel yang kita buat bisa berada di halaman pertama hasil pencarian Google. Sederhananya, cara membuat postingan atau artikel yang SEO friendly adalah panduan untuk menulis artikel mengikuti aturan SEO yang ditetapkan oleh Google.



Google memiliki standarnya sendiri untuk mengurutkan artikel atau postingan di hasil pencarian. Mengingat betapa pentingnya sebuah artikel untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian. Saya akan memberi tahu tips dan langkah-langkah cara menulis artikel ini untuk membantu kamu menulis artikel yang tidak hanya bagus secara kaidah penulisan, tetapi juga SEO Friendly.



Cara Membuat Postingan atau Artikel Yang SEO Frindly


Berikut beberapa tips atau cara pembuatan postingan yang SEO Friendly yang dapat kamu ikuti dalam penulisan artikel.


  1. Cari dan Gunakan Keyword yang Banyak Dicari oleh Audiens
  2. Tips 1, cara membuat postingan atau artikel yang SEO Friendly, adalah Mencari keyword atau kata kunci yang mungkin dicari oleh audiens kamu. Oleh karena itu, kamu harus paham siapa audiens kamu, siapa yang akan membaca blog kamu. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui target keyword yang biasa mereka ketik dan cari di mesin pencarian Google. Kemudian, sesuaikan kata kunci yang akan kamu gunakan di artikel blog kamu dengan kata kunci yang banyak dicari oleh audiens kamu. Jika Anda salah menggunakan kata kunci, Anda hanya akan membuang-buang waktu.



  3. Gunakan Focus Keyword Sewajarnya
  4. Tips 2, Cara membuat postingan atau artikel yang SEO Friendly, adalah Gunakan jumlah keyword yang wajar. Meskipun kamu menggunakan focus keyword untuk mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian Google, bukan berarti kamu dapat menggunakannya keyword secara berlebihan. Penggunaan focus keyword berlebihan akan menurunkan kualitas postingan kamu.



  5. Artikel Harus Berkualitas
  6. Tips 3, Cara membuat postingan atau artikel yang SEO Friendly, adalah Menulis artikel yang berkualitas. Menulis artikel memang membutuhkan ketelitian tinggi agar postingan kita tetap sesuai dengan kaidah penulisan. Postingan yang sesuai dengan kaidah penulisan menunjukkan tingginya profesionalitas blog yang dikelola.



  7. Gunakan Link Internal dan Eksternal
  8. Tips 4, Cara Membuat postingan atau artikel yang SEO Friendly, adalah Gunakan link internal dan eksternal di dalam postingan. Dalam menulis artikel yang akan diterbitkan, terkadang diperlukan untuk menggunakan link, baik itu link internal maupun link eksternal. Fungsi dari link di dalam postingan adalah untuk memberikan penjelasan lebih lanjut kepada pembaca terkait topik utama artikel.



  9. Perhatikan Elemen Penting Artikel
  10. Tips 5, Cara membuat postingan atau artikel yang SEO Friendly, adalah optimalkan elemen penting di dalam postingan. Komponen artikel di blog tidak hanya terdiri dari kalimat dan paragraf, tetapi juga melibatkan beberapa komponen teknis lain seperti URL, judul blog, dan heading. Jika ingin artikel kamu muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, kamu juga harus memerhatikan komponen-komponen postingan blog di atas.



  11. Optimasi Gambar
  12. Tips 6, Cara membuat postingan atau artikel yang SEO Frimendly, adalah Optimasi Gambar. Memasukkan gambar ke dalam postingan adalah langkah bagus agar pembaca tidak bosan, apalagi jika artikelnya panjang. Namun, ada beberapa detail yang harus diperhatikan agar gambar di artikel kamu berfungsi secara optimal. Pertama, sebelum kamu mengunggah gambar pastikan nama file gambar yang diunggah sesuai dengan focus keyword yang kamu gunakan. Kedua, alt text gambar juga harus ditulis sesuai dengan focus keyword yang digunakan. Ketiga, Anda juga perlu mengoptimasi gambar dengan memperkecil file size gambar agar loading page lebih cepat.



  13. Buat Struktur Artikel
  14. Tips 7, Cara membuat postingan atau artikel yang SEO Friendly, adalah Buat struktur artikel. Sebelum memulai menulis sebuah postingan, buatlah struktur artikel terlebih dahulu. Secara umum, sebuah artikel dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pembuka (prolog), isi, dan kesimpulan (epilog). Dengan membuat struktur seperti ini akan memudahkan kamu untuk membuat postingan.



  15. Panjang Artikel Harus Optimal
  16. Tips 8, Cara membuat postingan atau artikel yang SEO Friendly, adalah Panjang artikel setidaknya berada di atas angka 300 kata. Jumlah 300 kata adalah angka minimal untuk sebuah postinganl blog. Untuk angka maksimalnya, beberapa ahli menggunakan angka berbeda. Menurut Orbit Media Study, rata-rata jumlah kata artikel dalam sebuah blog adalah 1.142 kata.



  17. Manfaatkan Heading dan Subheading
  18. Tips 9, Cara membuat postingan atau artikel yang SEO Friendly, adalah nptimalkan penggunaan tag heading. Heading akan membantu pembaca untuk menemukan garis besar atau pokok bahasan dalam artikel yang dibacanya. Kemudahan membaca ini akan meningkatkan kepuasan pencari terhadap postingan yang kamu buat.



  19. Promosikan Artikel Kamu
  20. Tips 10, Cara membuat postingan atau artikel yang SEO Friendly, adalah Mempromosikan artikel yang telah dibuat. Bagian ini memang bukan langkah teknis dalam cara menulis artikel yang SEO friendly. Namun, langkah ini juga penting agar postingan kamu mendapatkan jangkauan pembaca yang lebih luas.




Itulah beberapa tips yang dapat digunakan dalam menulis dan membuat postingan yang SEO Friendly.



Kesimpulan


Sampai di sini, kita sama-sama mencapai satu kesimpulan bahwa membuat postingan yang SEO Friendly membutuhkan dua hal penting, yaitu ketelitian terhadap detail-detail komponen SEO dan estetika penulisan artikel.



Estetika penulisan artikel ini yang akan membuat sebuah postingan menjadi unik dan berbeda dari postingan lain dengan keyword serupa. Estetika penulisan ini juga yang akan membentuk karakter dari blog yang kamu kelola. Di sisi lain, kamu juga harus teliti terhadap berbagai komponen SEO agar postingad yang sudah dibuat dapat dibaca oleh banyak pengunjung. Artikel yang bagus memerlukan pembaca agar semakin diakui kualitasnya. Oleh karena itu ketelitian SEO ini sangat penting agar postingan yang sudah dibuat tidak sia-sia.



Demikian artikel mengenai cara membuat postingan atau artikel yang SEO friendly.




Lihat juga

1 comment:

  1. Thank you, this article is very inspiring and increases knowledge

    I hope the writer and the team will be more successful
    Allow me to give also information about my profile and my hobby

    ReplyDelete

Tulis Komentar Di Sini