Hai, Sahabat. . Hari ini, saya akan membahas tentang Pengertian, Level, dan Klasifikasi Produk.
Daftar isi
Pengertian Produk
Definisi atau pengertian Produk adalah suatu yang nyata berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan baik yang berbentuk fisik, jasa, tempat, maupun ide-ide. Selain pengertian produk tersebut, ada beberapa definisi lain dari produk, antara lain:
Definisi atau pengertian Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan.
Menurut Lupiyoadi, definisi atau pengertian produk adalah keseluruhan konsep objek atau proses yang memberikan sejumlah nilai manfaat kepada konsumen.
Definisi atau pengertian Produk adalah semua yang dapat diturunkan kepada perusahaan, diperhatikan, dimiliki, digunakan atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginanatau kebutuhan pemakainya.
Dari definisi produk di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian produk adalah segala sesuatu berbentuk penawaran dari seseorang atau perusahaan yang mempunyai manfaat baik berupa benda nyata maupun benda abstrak yang tidak berwujud yang tujuannya untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen.
Level Produk
Suatu produk terdiri dari empat level dan tiap level memiliki nilai pelanggan. Dan keempat level produk membentuk hierarki nilai pelanggan yaitu:
- Produk Inti atau Generik
- Produk yang diharapkan
- Layanan tambahan yang menyertai layanan layanan inti
- Produk potensial
Produk inti adalah level produk yang terdiri dari manfaat dasar yang sesungguhnya dibeli oleh pelanggan.
Produk yang diharapkan adalah salah satu level prnduk yang terdiri dari serangkaian atribut dan kondisi yang biasanya diharapkan oleh pembeli ketika mereka membeli produk itu.
Contoh dari level produk ini, misalnya: suatu handphone bisa meyertakan fitur-fitur yang lain.
Produk potensial adalah level produk yang terdiri dari tampilan dan manfaat tambahan yang berguna bagi konsumen atau mungkin menambah kepuasan konsumen.
Klasifikasi Produk.
Produk dibagi menjadi dua bagian yaitu : produk konsumen dan produk industri. Produk konsumen adalah produk yang dibeli konsumen akhir untuk konsumsi pribadi. Biasanya pemasar mengklasifikasikannya menurut cara beli konsumen.
Klasifikasi Produk konsumen meliputi : produk sehari-hari (convenience product), produk shopping (shopping products), produk spesial (specialty product) dan produk yang tidak dicari (unsought product).
- Convenience Product
- Shopping Product
- Specialty Product
- Unsought Product
Adalah klasifikasi produk konsumen yang merupakan produk yang biasanya sering dan cepat dibeli oleh pelanggan dan disertai dengan usaha yang sedikit dalam membandingkan dan membeli. Misalnya : sabun, permen, dll.
Adalah klasifikasi produk konsumen yang merupakan produk yang jarang dibeli, sehingga pelanggan membandingkan kecocokan, kualitas, harga, dan gayanya dengan cermat. Ketika membeli klasifikasi produk ini, konsumen menghabiskan waktu dan tenaga yang cukup besar dalam mengumpulkan informasi dan membuat pembandingnya. Misalnya : pakaian, mebel, peralatan rumah tangga utama, dll.
Adalah klasifkasi produk konsumen yang merupakan produk dengan karakteristik unik atau identifikasi merek yang dicari oleh kelompok pembeli tertentu, sehingga mereka mau mengeluarkan usaha khusus untuk memperolehnya. Misalnya : merek serta jenis mobil tertentu, peralatan fotografi yang mahal, pakaian yang dirancang oleh desainer, dll.
Adalah klasifikasi produk konsumen dimana keberadaan suatu produk tidak diketahui atau jika diketahui oleh konsumen pun, tidak tepikir oleh mereka untuk membelinya. Sebagian besai inovasi baru yang penting tidak dicari (Unsought) sampai konsumen menyadarinya lewat iklan. Misalnya : asuransi jiwa, donor darah untuk palang merah, dll.
Sedangkan produk industri adalah produk yang dibeli untuk pemrosesan lebih lanjut atau penggunaan yang terkait dengan bisnis. Jadi, perbedaan antara produk konsumen dengan produk industri didasarkan pada tujuan dibelinya produk tersebut.
Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian, Level, dan Klasifikasi Produk.
Lihat juga:
- Keputusan Pembelian | Pengertian, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Tahap-Tahap, Indikator, Dan Peran Konsumen
- Promosi | Pengertian, Bauran, Tujuan, Fungsi, Alat, Indikator, Dan Langkah-Langkah Dalam Melakukan
- Pemasaran | Pengertian, Manajemen, Dan Bauran
Semoga bermanfaat. .
No comments:
Post a Comment
Tulis Komentar Di Sini