Keputusan Pembelian - Pengertian, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Tahap-Tahap, Indikator, dan Peran Konsumen - UTAMA RIZKY

Blog Yang Ditujukan Untuk Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Tuesday, December 15, 2020

Keputusan Pembelian - Pengertian, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Tahap-Tahap, Indikator, dan Peran Konsumen


Keputusan Pembelian


Hai, Sahabat. . Hari ini, saya akan membahas tentang Pengertian, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Tahap-Tahap, Indikator, dan Peran Konsumen dalam Keputusan Pembelian.




Daftar isi
  1. Pengertian Keputusan Pembelian
  2. Tahap-Tahap dalam Pengambilan Keputusan Pembelian
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian
  4. Peran Konsumen dalam Keputusan Pembelian
  5. Indikator-Indikator Keputusan Pembelian


Pengertian Keputusan Pembelian


Menurut Schiffman dan Kanuk, definisi atau pengertian Keputusan Pembelian adalah suatu keputusan seseorang di mana dia memilih salah satu dari beberapa alternatif pilihan yang ada. Sedangkan, suatu keputusan didefinisikan sebagai pemilihan suatu tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif. Seorang konsumen yang hendak melakukan pilihan maka ia harus memiliki pilihan alternatif.



Menurut Assauri, definisi atau pengertian Keputusan Pembelian adalah suatu proses pengambilan keputusan akan pembelian yang mencakup penentuan apa yang akan dibeli atau tidak melakukan pembelian dan keputusan itu diperoleh dari kegiatan-kegiatan sebelumnya. Menurut Alfianasari, definisi atau pengertian Keputusan Pembelian konsumen adalah sikap konsumen dalam menentukan arah dan tujuan akhir dalam proses pembelian suatu produk.



Dari semua definisi keputusan pembelian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian Keputusan Pembelian adalah suatu keputusan yang dilakukan konsumen apakah melakukan pembelian atau tidak berdasarkan alternatif-alternatif produk yang ditawarkan oleh penjual.



Tahap-Tahap Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian


Menurut Kotler, secara umum, proses pengambilan Keputusan Pembelian terdiri dari 5 tahap, yaitu: Pengenalan masalah, Pencarian informasi, Evaluasi alternatif, Keputusan Pembelian, dan Perilaku pasca pembelian.



Taha-tahap pengambilan keputusan pembelian ini merupakan proses psikologi dasar yang memainkan peranan penting dalam memahami Keputusan Pembelian. Penjelasan mengenai tahapan dalam pengambilan keputusan pembelian ini adalah:


  1. Pengenalan masalah
  2. Proses atau tahap pengambilan keputusan pembelian ini dimulai ketika pembeli menyadari suatu masalah atau kebutuhan yang dipicu oleh rangsangan internal dan eksternal. Dengan rangsangan internal, salah satu dari kebutuhan normal seseorang seperti rasa lapar, haus, dan lainnya. Atau kebutuhan bisa timbul akibat rangsangan eksternal, sehingga memicu pemikiran untuk melakukan keputusan pembelian.



  3. Pencarian Informasi
  4. Pada proses atau tahap pengambilan keputusan pembelian ini seseorang menjadi lebih perseptif terhadap informasi tentang sebuah produk. Secara umum konsumen menerima informasi terpenting tentang sebuah produk komersial, di mana informasi tersebut didominasi pemasar. Beberapa sumber informasi utama konsumen adalah pribadi yang meliputi keluarga, teman, tetangga, dan rekan.



  5. Evaluasi Alternatif
  6. Pada proses atau tahap pengambilan keputusan pembelian ini, informasi yang diperoleh dari berbagai sumber tersebut akan menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen untuk mengambil keputusan pembelian. Konsumen akan mempertimbangkan manfaat termasuk keterpercayaan merek dan biaya atau resiko yang akan diperoleh jika membeli suatu produk.



  7. Keputusan Pembelian
  8. Pada tahap pengambilan keputusan pembelian ini, konsumen membentuk preferensi antar merek dalam kumpulan pilihan. Konsumen juga membentuk maksud untuk membeli merek yang paling disukai. Keputusan Pembelian ini sendiri dipengaruhi oleh dua faktor yaitu sikap orang lain dan uang.



  9. Perilaku Pasca Pembelian
  10. Terakhir, proses atau tahap pengambilan keputusan pembelian adalah Perilaku pasca pembeiian. Setelah melakukan pembelian, konsumen mungkin akan mengalami konflik karena melihat beberapa hal tertentu yang dikhawatirkan atau mendengar hal-hal yang menyenangkan tentang merek lain dan waspada terhadap informasi yang mendukung keputusannya. Pada perilaku pasca pembelian ini ada beberapa hal yang akan terjadi seperti kepuasan pasca pembelian yang merupakan fungsi kedekatan antara harapan dan kinerja produk.




Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian


Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, antara lain:


  1. Lokasi
  2. Pertama, Faktor yang mempengaruhl keputusan pembelian, adalah Lokasi. Pembeli cenderung akan memilih lokasi yang benar-benar strategis dan tidak membutuhkan terlalu banyak waktu, tenaga dan biaya.



  3. Harga
  4. Harga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dalam Keputusan Pembelian. Terjadinya perbedaan harga antar pesaing menyebabkan konsumen cenderung akan pindah ke toko lain yang menawarkan harga lebih murah.



  5. Penggolongan barang
  6. Ketiga, Faktor yang mempengaruhl keputusan pembelian, adalah Penggolongan barang. Penggolongan barang yang baik dapat memudahkan konsumen dalam pencarian barang.



  7. Service atau pelayanan yang ditawarkan
  8. Keempat, Faktor yang mempengaruhl keputusan pembelian, adalah service atau pelayanan. Konsumen cenderung tertarik memilih toko yang menawarkan service atau pelayanan yang menguntungkan mereka.



  9. Toko yang menarik
  10. Tampilan toko juga menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tampilan toko seperti tata ruang, desain toko, warna, penerangan, dan lain sebagainya.



  11. Kemampuan tenaga penjualnya
  12. Keemam, Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah Kemampuan tenaga penjualan. Kemampuan tenaga penjual yang terampil dan kompeten dapat memuaskan konsumen dan mendukung dalam kegiatan pemasaran.




Peran Konsumen dalam Keputusan Pembelian


Terdapat lima peran yang dimainkan konsumen dalam Keputusan Pembelian, mantara lain:


  1. Pertama, peran konsumen dalam keputusan pembelian, adalah sebagai Pencetus (Seseorang yang pertama kali mengusulkan gagasan untuk membeli suatu produk atau jasa).

  2. Kedua, peran konsumen dalam keputusan pembelian, adalah sebagai Pemberi Pengaruh (Seseorang yang pandangan atau sarannya dapat mempengaruhi keputusan).

  3. Ketiga, peran konsumen dalam keputusan pembelian, adalah sebagai Pengambil Keputusan (Seseorang yang mengambil keputusan untuk setiap komponen Keputusan Pembelian. Apakah membeli, tidak membeli, bagaimana membeli, dan di mana akan membeli).

  4. Keempat, peran konsumen dalam keputusan pembelian, adalah sebagai Pembeli (Orang yang melakukan pembelian sesungguhnya).

  5. Kelima, peran konsumen dalam keputusan pembelian, adalah sebagai Pemakai (Seseorang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk atau jasa).


Indikator-Indikator Keputusan Pembelian


Adapun indikator Keputusan Pembelian adalah:


  1. Tujuan Dalam Membeli Sebuah Produk
  2. Pertama, Indikator keputusan pembelian, adalah Tujuan membeli. Konsumen umumnya sudah memiliki tujuan awal sebelum melakukan pembelian. Produk yang dibeli biasanya produk yang memang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen sehingga dapat memenuhi harapannya.



  3. Kemantapan Pada Sebuah Produk
  4. Kedua, Indikator keputusan pembelian, adalah Kemantapan pada produk. Kemantapan yang terkandung dalam produk adalah daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk melakukan pembelian.



  5. Kebiasaan Dalam Membeli Produk
  6. Ketiga, Indikator keputusan pembelian, adalah Kebiasaan dalam membeli produk. Jika sudah merasa terbiasa dan nyaman dengan produk yang digunakan, maka konsumen akan selalu menggunakan produk tersebut.



  7. Memberikan Rekomendasi Kepada Orang Lain
  8. Keempat, Indikator keputusan pembelian, adalah Memberikan reakomendasi pada orang lain. Pembeli akan merasa puas jika produk yang dibeli sudah memenuhi harapannya, sehingga baik secara sadar maupun tidak, pembeli akan menceritakan keunggulan dari produk tersebut kepada orang lain agar menggunakan produk yang tepat sesuai yang direkomendasikan.



  9. Melakukan Pembelian Ulang
  10. Kelima, Indikator keputusan pembelian, adalah Melakukan pembelian ulang. Jika konsumen merasa puas dengan produk yang dibelinya, maka konsumen akan melakukan pembelian lagi atau berulang.





Demikianlah penjelasan tentang Pengertian, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Tahap-Tahap, Indikator, dan Peran Konsumen dalam Keputusan Pembelian.




Lihat juga:


Semoga bermanfaat. .



No comments:

Post a Comment

Tulis Komentar Di Sini