Hai, Sahabat. . Hari ini, saya akan membahas tentang Pengertian, Bauran, Tujuan, Fungsi, Alat, Indikator, dan Langkah-Langkah Dalam Melakukan Promosi.
Daftar isi
- Pengertian Promosi
- Tujuan Promosi
- Fungsi Promosi
- Langkah-Langkah Dalam Melakukan Promosi
- Bauran Promosi
- Alat Promosi
- Indikator Promosi
Pengertian Promosi
Definisi atau pengertian Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan meningkatkan pasar sasaran agar seseorang bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan. Pada hakikatnya, definisi atau pengertian Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang bertujuan mendorong permintaan.
Selain pengertian prowosi di atas, ada beberapa definisi dari promosi, antara lain:
Pengertian Promosi adalah usaha yang dilakukan oleh pemasar untuk mempengaruhi pihak lain agar berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran. Berdasarkan defenisi tersebut dapat dijelaskan bahwa Promosi merupakan kegiatan perusahaan untuk memberikan informasi dan mengingatkan calon konsumen melakukan tindakan pembelian terhadap produk perusahaan.
Definisi atau pengertian Promosi adalah berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menonjolkan keistimewahan-keistimewahan produknya dan membujuk konsumen sasaran agar membelinya. Kemudian, Promosi meliputi semua alat-alat dalam kombinasi pemasaran yang peranan utamanya adalah untuk mengadakan komunikasi yang sifatnya membujuk.
Berdasarkan definisi promosi di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian Promosi adalah suatu komunikasi dari penyampaian amanat atau berita tentang produk (barang atau jasa) dari penjual kepada pembeli potensial.
Tujuan Promosi
Adapun tujuan dari melakukan Promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk serta meningkatkan pelanggan tentang perusahaan dan bauran pemasarannya.
Tujuan utama dari Promosi adalah modifikasi tingkah laku konsumen, menginformasikan, mempengaruhi, dan membujuk serta mengingatkan konsumen sasaran tentang perusahaan dan produk / jasa yang dijualnya. Pada dasarnya, Tujuan Promosi ada empat, yaitu memperkenalkan diri, membujuk, memodifikasi dan membentuk tingkah laku serta mengingatkan kembali tentang produk dan perusaahan yang bersangkutan.
Rossiter dan Percy mengklasifikasikan tujuan Promosi sebagai efek dari komunikasi, antara lain:
Pertama, Tujuan promosi, adalah Menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need).
Kedua, Tujuan promosi, adalah Memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand awareness).
Ketiga, Tujuan promosi, adalah Mendorong pilihan terhadap suatu produk (brand attitude).
Keempat, Tujuan promosi, adalah Membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention).
Kelima, Tujuan promosi, adalah Mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase fasilitation).
Keenam, Tujuan promosi, adalah Menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning).
Fungsi Promosi
Adapun fungsi dari Promosi yaitu:
Pertama, Fungsi promosi, adalah Mencari dan mendapatkan perhatian dari calon pembeli. Perhatian calon pembeli harus diperoleh, karena merupakan titik awal proses pengambilan keputusan di dalam membeli suatu barang dan jasa.
Kedua, Fungsi promnsi, adalah Menciptakan dan menumbuhkan interest pada diri calon pembeli. Perhatian yang sudah diberikan oleh seseorang mungkin akan dilanjutkan pada tahap berikutnya atau mungkin berhenti. Yang dimaksudkan dengan tahap berikutnya ini adalah timbulnya rasa tertarik dan rasa tertarik ini yang akan menjadi fungsi utama Promosi.
Ketiga, Fungsi promosi, adalah Pengembangan rasa ingin tahu (desire) calon pembeli untuk memiliki produk yang ditawarkan. Hal ini merupakan kelanjutan dari tahap promosi sebelumnya. Setelah seseorang tertarik pada sesuatu, maka timbul rasa ingin memilikinya. Bagi calon pembeli merasa mampu (dalam hal harga, cara pemakaiannya, dan sebagainya), maka rasa ingin memilikinya ini semakin besar dan diikuti oleh suatu keputusan untuk membeli.
Langkah-Langkah Dalam Melakukan Promosi
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam melakukan Promosi, yaitu:
Pertama, Langkah dalam melakukan promosi, adalah Mengidentifikasikan terlebih dahulu target audience-nya.
Kedua, Langkah dalam melakukan promosi, adalah Menentukan tujuan Promosi.
Ketiga, Langkah dalam melakukan promosi, adalah Mengembangkan pesan yang disampaikan.
Keempat, Langkah dalam melakukan promosi, adalah Memilih bauran promosi.
Bauran Promosi
Bauran Promosi menggambarkan cara-cara kreatif yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian produk dan jasa. Perusahaan dapat melakukan kampanye Promosi yang berbeda-beda dengan menggunakan kombinasi bauran Promosi (promotional mix).
Pengertian Bauran Promosi
Definisi atau pengertian Bauran Promosi adalah panduan yang cermat dari periklanan, penjualan pribadi, Promosi penjualan, dan hubungan masyarakat untuk mendorong tercapainya tujuan Promosi dari perusahaan atau organisasi.
Selain definisi bauran promosi di atas, ada beberapa pengertian dari bauran promosi, antara lain:
Defhnisi atau pengertian Bauran Promosi adalah alat untuk mengimplementasikan konsep komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran dapat dilihat sebagai suatu rentang dari informasi internal (perusahaan) sampai dengan sisi pengambilan keputusan konsumen, yang meliputi pesan dan citra tentang produk yang dipresentasikan oleh perusahaan kepada konsumen potensial maupun stakeholders lainnya.
Definisi atau pengertian Bauran promosi (Promotion mix) adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling dan alat Promosi yang lain, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.
Komponen Bauran Promosi
Dalam bauran Promosi terdapat lima komponen, secara rinci dijabarkan sebagai berikut:
- Periklanan (Advertising)
- Penjualan Personal (Personal Selling)
- Promosi Penjualan (Sales Promotion)
- Publisitas dan Hubungan Masyarakat (Publicity and Public Relation)
- Informasi dari Mulut ke Mulut (Word Of Mouth)
Adalah komponen bauran promosi yang merupakan suatu bentuk dari komunikasi impersonal yang digunakan oleh perusahaan untuk membangun kesadaran terhadap keberadaan jasa yang ditawarkan, menambah pengetahuan konsumen akan jasa yang ditawarkan, serta membedakan diri perusahaan dengan para kompetitornya.
Adalah komponen bauran promosi yang merupakan suatu bentuk interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesan dari pembeli maupun calon pembeli. Komponen bauran promosi ini mempunyai peranan yang penting dalam pemasaran jasa, karena memiliki kekuatan unik yaitu wiraniaga dapat mengumpulkan pengetahuan tentang konsumen dan mendapatkan umpan balik dari konsumen. Namun penjualan personal membutuhkan biaya yang lebih besar dari pada periklanan.
Adalah komponen bauran gemasaran yang merupakan kegiatan Promosi selain periklanan, penjualan perorangan maupun publisitas, yang bersifat jangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang serta tidak rutin, yang ditujukan untuk mendorong penjualan, serta lebih mempercepat respon pasar yang ditargetkan.
Adalah komponen bauran promosi yang merupakan stimulasi nonpersonal terhadap permintaan barang, jasa, ide dan sebagainya dengan berita komersial yang berarti dalam media masa dan tidak dibayar untuk memPromosikan dan melindungi citra perusahaan atau produk individualnya. Keuntungan komponen bauran prmosi ini (publisitas dan hubungan masyarakat) terletak pada efisien biaya karena perusahaan tidak membayar media masa sebagai sarana Promosi tersebut. Namun pubisitas yang bersifat negatif dapat menimbulkan dampak buruk bagi perusahaan.
Informasi dari mulut ke mulut merupakan salah satu komponen bauran promosi. Dalam hal Promosi jasa, peranan orang itu sangat penting, yakni pelanggan dekat dengan penyampaian pesan. Dengan kata lain pelanggan tersebut akan berbicara kepada pelanggan lain yang berpotesial tentang pengalamannya dalam menerima jasa tersebut.
Alat Promosi
Ada beberapa alat Promosi utama, yakni: sampel produk, kupon, pengembalian tunai, harga khusus, premi, barang khusus iklan, penghargaan dukungan, pajangan dan demonstrasi di titik pembelian, dan kontes, undian serta permainan. Secara rinci dijabarkan sebagai berikut:
- Sampel (Sample)
- Kupon (Coupon)
- Pengembalian Tunai (Cash Refund)
- Harga Khusus/Paket Harga (Price Pack)
- Hadiah (Premium)
- Barang Khusus Iklan (Advertising Specialties)
- Penghargaan Dukungan (Patronage Reward)
- Promosi Titik Pembelian (Point of Purchase)
- Kontes, Undian dan Permainan
Sampel adalah alat prmosi yang merupakan sejumlah kecil produk yang ditawarkan pada konsumen untuk dicoba. Pemberian sampel adalah cara efektif tetapi paling mahal untuk memperkenalkan produk baru atau menciptakan kegairahan baru bagi produk yang sudah ada.
Kupon adalah salah satu alat promosi yang merupakan sertifikasi yang memberikan penghematan dan nilai lebih kepada pembeli ketika mereka membeli produk tertentu. Sebagaian besar konsumen menyukai kupon. Alat promosi ini dapat memPromosikan percobaan merek baru atau mendorong penjualan merek yang telah ada.
Selanjutnya, alat prmosi yang lain adalah Peogembalian tunai. Pengembalian tunai mirip dengan kupon kecuali bahwa pengurangan harga terjadi setelah pembelian dan bukan saat membeli digerai eceran. Konsumen mengirimkan bukti pembelian kepada produsen, yang kemudian mengembalikan secara tunai sebagian harga pembelian lewat pos.
Harga khusus/paket harga adalah alat promosi yang dilakukan dengan cara menawarkan penghematan dari harga resmi produk kepada konsumen. Produsen menandai pengurangan harga secara langsung pada label atau kemasan. Alat promosi ini biasa berupa kemasan tunggal yang dijual pada harga murah atau dua produk terkait yang dikemas menjadi satu. Harga khusus sangat efektif bahkan lebih baik daripada kupon dalam mendorong penjualan jangka pendek.
Selanjutnya, Alat promosi adalah Hadiah/premi. Yakni barang yang ditawarkan secara gratis atau pada harga murah sebagai insentif untuk membeli produk.
Barang khusus iklan atau disebut juga produk Promosi adalah salah satu alat promosi yang merupakan pernak-pernik yang bermanfaat yang dicetak dengan nama, lambang atau pesan pengiklan yang diberikan sebagai hadiah kepada konsumen.
Penghargaan dukungan adalah alat promosi yang merupakan penghargaan tunai atau penghargaan lain yang diberikan kepada pengguna rutin produk atau jasa perusahaan tertentu.
Alat promosi ini (Promosi titik pembelian) meliputi pajangan dan demonstasi di titik penjualan.
Alat-alat promosi tersebut memberikan peluang kepada konsumen untuk memenangkan sesuatu, seperti uang tunai, perjalanan atau barang, lewat keberuntungan atau suatu usaha.
Indikator Promosi
Adapun indikator Promosi adalah:
- Memberikan Informasi
- Membujuk atau Mempengaruhi
- Menciptakan Kesan (Image)
- Memuaskan Keinginan
- Sebagai Alat Komunikasi
Pertama, Indikator prmosi, adalah Memberikan informasi. Promosi dapat menambah nilai pada suatu barang dengan memberikan informasi kepada konsumen.
Kedua, Indikator promosi, adalah Membujuk dan mempengaruhi. Promosi mempunyai sifat membujuk terutama kepada pembeli-pembeli potensial, dengan menyatakan bahwa suatu produk adalah lebih baik dari produk lain.
Ketiga, Indikator promosi, adalah Menciptakan kesan. Dengan sebuah Promosi, orang akan mempunyai suatu kesan tertentu tentang apa yang diiklankan.
Keempat, Indikator promosi, adalah Memuaskan keinginan. Sebagai alat pemasaran yang dipakai untuk mencapai tujuan, dan tujuan itu sendiri berupa pertukaran yang saling memuaskan.
Kelima, indikator promosi, adalah Sebagai alat komunikasi. Promosi adalah suatu alat untuk membuka komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli, sehingga keinginan mereka dapat terpenuhi dengan cara yang efisien dan efektif.
Demikianlah penjelasan tentang Pengertian, Bauran, Tujuan, Fungsi, Alat, Indikator, dan Langkah-Langkah Dalam Melakukan Promosi.
Lihat juga:
- Nilai Tukar (Kurs) | Pengertian, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Dan Sistem, Serta Hubungannya Dengan Harga
- Motivasi Belajar | Pengertian, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Fungsi, Dan Cara Meningkatkan
- Hasil Belajar | Pengertian, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Klasifikasi, Evaluasi, Dan Pengukuran
Semoga bermanfaat. .
No comments:
Post a Comment
Tulis Komentar Di Sini