Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) - Pengertian, Tujuan, Dan Manfaat - UTAMA RIZKY

Blog Yang Ditujukan Untuk Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Wednesday, November 11, 2020

Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) - Pengertian, Tujuan, Dan Manfaat

Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM)



Hai, Sahabat. . Hari ini, saya akan membahas tentang Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM).




Daftar isi
  1. Pengadaan Tenaga Kerja
  2. Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM)
  3. Tujuan Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM)
  4. Manfaat Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM)


Pengertian Pengadaan Tenaga Kerja


Definisi atau pengertian Pengadaan tenaga kerja adalah proses penarikan, seleksi, penempatan, orientasi, dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang efektif dan efisien dalam membantu tercapainya tujuan perusahaan. Selain itu, definisi atau pengertian pengadaan tenaga kerja adalah proses penarikan, seleksi, penempatan, orientasi, dan induksi untuk mendapatkan pegawai yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.



Berdasarkan kedua definisi pengadaan tenaga kerja di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian pengadaan tenaga kerja adalah proses penarikan, seleksi, penempatan, orientasi dan induksi untuk mendapatkan pegawai yang sesuai dengan kebutuhan agar dapat membantu tercapainya tujuan organisasi.



Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM)


Definisi atau pengertian perencanaan sumber daya manusia (SDM) adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi permintaan bisnis dan lingkungan pada organisasi di waktu yang akan datang dan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi tersebut. Selain itu, Definisi atau pengertian perencanaan sumber daya manusia (human resource planning) adalah fungsi pertama dalam manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan sebagai bagian dari fungsi perencanaan yang strategis yang didefinisikan sebagai suatu proses sistematis dan berkesinambungan dalam menentukan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di masa depan baik kuantitas maupun kualitas pada waktu yang tepat, posisi yang tepat, melakukan pekerjaan yang tepat dalam jangka panjang guna mengantisipasi perubahan lingkungan dan organisasi serta meminimalisasi biaya dalam rangka pencapaian tujuan individu dan organisasi.



Dari definisi perencanaan sumber daya manusia (SDM) di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian perencanaan sumber daya manusia (SDM) adalah fungsi utama yang harus dilaksanakan dalam organisasi guna menjamin tersedianya tenaga kerja yang tepat untuk menduduki berbagai posisi, jabatan, dan pekerjaan yang tepat pada waktu yang tepat. Semua itu dalam rangka mencapai tujuan dan berbagai sasaran yang telah dan akan ditetapkan.



Tujuan Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM)


Tujuan perencanaan sumber daya manusia (SDM) adalah sebagai berikut:



Tujuan Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) Bagi Organisasi


Ada beberapa tujuan perencanaan sumber daya manusia (SDM) Bagi kepentingan organisasi, antara lain:


  1. Pertama, Tujuan perencanaan SDM adalah Menarik dan mempertahankan jumlah karyawan yang cukup dengan keahlian yang memadai untuk dapat berperan secara efektif dalam mencapai tujuan orgaisasi.

  2. Kedua, Tujuan perencanaan SDM adalah Menggunakan karyawan secara maksimal. Perencanaan SDM dapat menjadi alat untuk mengevaluasi dampak kebijakan dan tindakan alternatif penggunaan sumber daya manusia (SDM). Dengan perencanaan SDM, maka aktivitas-aktivitas SDM dapat berjalan optimal dan dapat dievaluasi.

  3. Ketiga, Tujuan perencanaan SDM adalah Mengantisipasi dan menghadapi perubahan-perubahan tuntutan kerja/perubahan-perubahan sumber daya manusia yang tersedia. Perencanaan sumber daya manusia (SDM) dapat meningkatkan proses perencanaan bisnis secara keseluruhan.

  4. Keempat, Tujuan perencanaan SDM adalah Memenuhi kriteria sumber daya manusia (SDM) di masa datang yang berasal dari sumber internal. Perencanaan SDM dapat menjadi suatu bentuk perhatian yang besar dari manajemen SDM terhadap berbagai tingkatan manajerial dalam organisasi.

  5. Kelima, Tujuan perencanaan SDM adalah Memastikan bahwa kesempatan yang sama dalam hal promosi dan pengembangan karir akan berlaku bagi semua karyawan. Perencanaan sumber daya manusia (SDM) dapat menjadi dasar bagi pengembangan kemampuan karyawan yang dirancang untuk mencapai pemanfaatan karyawan secara optimum dalam organisasi melalui pemberian kesempatan yang lebih luas bagi wanita dan golongan minoritas dalam perkembangan organisasi di masa depan, dan mengidentifikasi kebutuhan terhadap program pelatihan dan pengembangan SDM secara khusus dalam rangka meningkatkan keahlian di masa depan.

  6. Keenam, Tujuan perencanaan SDM adalah Mengontrol biaya SDM dan mengantisipasi secara efektif bila terdapat biaya karyawan yang baru muncul. Pengurangan biaya kepegawaian disebabkan karena kemampuan manajemen untuk mengantisipasi kekurangan dan atau kelebihan karyawan, dan mengoreksi ketidakseimbangan sebelum menjadi tak terkendali dan mengeluarkan biaya yang cukup besar.

  7. Ketujuh, Tujuan perencanaan SDM adalah Mengintegrasikan seluruh aktivitas manajemen sumber daya manusia (SDM). Berbagai perbedaan dalam aktivitas SDM harus dapat diintegrasikan untuk mempertinggi nilai SDM.

Tujuan Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) Bagi Karyawan


Tujuan perencanaan sumber daya manusia (SDM) bagi kepentingan pribadi karyawan, antara lain:


  1. Pertama, tujuan perencanaan SDM bagi karyawan adalah Mengetahui mengenai kemampuan pengembangan jenjang karirnya.

  2. Kedua, Tujuan perencanaan SDM bagi karyawan adalah Mengetahui mengenai kemampuan apa yang harus dimilikinya untuk menduduki jabatan tertentu.

  3. Ketiga, Tujuan perencanaan SDM bagi karyawan adalah Mengetahui mengenai waktu terbaik untuk mencapai jenjang karir tersebut.


Tujuan Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) Bagi Negara


Tujuan perencanaan sumber daya manusia (SDM) bagi kepentingan negara, antara lain: 1) Penentuan struktur serikat pekerja yang ekonomis. 2) Inventarisasi klasifikasi jabatan. 3) Penetapan tingkat kepandaian dan keahlian karyawan asing dalam rangka alih teknologi dan pelatihan kerja bagi para tenaga kerja dalam negeri.



Manfaat Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM)


Manfaat perencanaan sumber daya manusia yaitu:


  1. Pertama, Manfaat perencanaan SDM adalah Organisasi dapat memanfaatkan sumber daya manusia yang sudah ada dalam organisasi secara lebih baik.

  2. Kedua,Manfaat perencanaan SDM adalah Produktivitas kerja dari tenaga kerja yang sudah ada dapat ditingkatkan. Hal ini dapat terwujud melalui adanya penyesuaian-penyesuaian tertentu, seperti peningkatan disiplin kerja dan peningkatan keterampilan sehingga setiap orang menghasilkan sesuatu yang berkaitan langsung dengan kepentingan organisasi.

  3. Ketiga, Manfaat perencanaan SDM adalah Organisasi memperoleh tenaga kerja-tenaga kerja yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

  4. Keempat, Manfaat perencanaan SDM adalah Memberikan pemahaman yang tepat tentang situasi pasar kerja.

  5. Kelima, Manfaat perencanaan SDM adalah menjadi dasar bagi penyusunan program kerja bagi satuan kerja yang menangani sumber daya manusia dalam organisasi. Salah satu aspek program kerja tersebut adalah pengadaan tenaga kerja baru guna memperkuat tenaga kerja yang sudah ada demi peningkatan kemampuan organisasi mencapai tujuan dan berbagai sasarannya.



Demikianlah penjelasan tentang Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM).




Lihat juga:


Semoga bermanfaat. .


No comments:

Post a Comment

Tulis Komentar Di Sini