Belajar Yang Efektif - Pengertian, Unsur-Unsur, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Prinsip-Prinsip, dan Cara - UTAMA RIZKY

Blog Yang Ditujukan Untuk Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Sunday, December 6, 2020

Belajar Yang Efektif - Pengertian, Unsur-Unsur, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Prinsip-Prinsip, dan Cara


Belajar Yang Efektif


Hai, Sahabat. . Hari ini, saya akan membahas tentang Pengertian, Unsur-Unsur, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Prinsip-Prinsip, dan Cara Belajar Yang Efektif.




Daftar isi
  1. Pengertian Belajar
  2. Unsur-Unsur dalam Belajar
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar
  4. Prinsip-Prinsip Belajar Yang Efektif
  5. Cara Belajar Yang Efektif


Pengertian Belajar


Belajar merupakan proses penting bagi perubahan perilaku manusia dan mencakup segala sesuatu yang dipikirkan dan dikerjakan. Belajar memegang peranan penting di dalam perkembangan, kebiasaan, sikap, keyakinan, tujuan, kepribadian, dan bahkan persepsi manusia. Ada beberapa pengertian atau definisi dari belajar, antara:


  1. Definisi atau pengertian Belajar menurut James O. Whittaker, ” Learning may be defined as the process by which behavior originates or is altered through training or experience”, yakni belajar dapat didefinisikan sebagai proses menimbulkan atau merubah perilaku melalui latihan atau pengalaman.

  2. Definisi atau pengertian Belajar adalah suatu aktivitas mental/psikis dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuan pemahaman, keterampilan, dan nilai sikap.

  3. Definisi atau pengertian Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotorik.

  4. Definisi atau pengertian Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungan.


Dari beberapa definisi belajar di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian belajar adalah suatu proses perubahan dalam diri manusia yang tampak dalam perubahan tingkah laku seperti kebiasaan, pengetahauan, sikap, keterampilan, dan daya pikir.



Unsur-Unsur Dalam Belajar


Menurut Gagne, unsur-unsur dalam belajar yang saling berkaitan sehingga menghasilkan perubahan perilaku yakni:


  1. Pembelajar
  2. Pertama, unsur dalam belajar, adalah pembelajar. Pembelajar dapat berupa peserta didik, pembelajar, warga belajar, dan peserta pelatihan. Pembelajar memiliki organ pengindraan yang digunakan untuk menangkap rangsangan otak yang digunakan untuk menstransformasikan hasil penginderaannya ke dalam memori yang kompleks, dan syaraf atau otot yang digunakan untuk menampilkan kinerja yang menunjukkan apa yang telah dipelajari.



  3. Rangsangan / Stimulus
  4. Kedua, Unsur dalam belajar, adalah adanya rangsangan. Peristiwa yang merangsang penginderaan pembelajar disebut situasi stimulus. Contoh dari stimulus tersebut adalah suara, sinar, warna, panas, dingin, tanaman, gedung, dan orang. Agar pembelajar mampu belajar optimal maka harus memfokuskan pada stimulus tertentu yang diminati.



  5. Memori
  6. Ketiga, Unsur dalam belajar, adalah memori. Memori pembelajar berisi berbagai kemampuan yang berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dihasilkan dari aktivitas belajar sebelumnya.



  7. Respon
  8. Keempat, Unsur dalam belajar, adalah adanya respon. Respon merupakan tindakan yang dihasilkan dari aktualisasi memori. Pembelajar yang sedang mengamati stimulus, maka memori yang ada di dalam dirinya kemudian memberikan respon terhadap stimulus tersebut.




Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar


Dalam belajar, banyak sekali faktor yang mempengaruhi belajar namun dari sekian banyaknya faktor yang mempengaruhi belajar, hanya dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu:


  1. Faktor-faktor stimuli belajar
  2. Pertama, Faktor yang mempengaruhi belajar, adalah Stimuli belajar. Stimuli belajar adalah segala hal di luar individu yang merangsang individu itu untuk mengadakan reaksi atau pembuatan belajar. Misalnya: panjangnya bahan pelajaran, kesulitan bahan pelajaran, berartinya bahan pelajaran, berat ringannya tugas, suasana lingkungan eksternal, dll.



  3. Faktor-faktor metode belajar
  4. Kedua, Faktor yang mempengaruhi belajar, adalah Metode belajar. Metode mengajar yang dipakai oleh guru sangat mempengaruhi metode belajar yang dipakai oleh si pelajar maka metode yang dipakai oleh guru menimbulkan perbedaan yang berarti bagi proses belajar. Misalnya tentang kegiatan berlatih atau praktek, menghafal atau menginggat, pengenalan tentang hasil-hasil belajar, bimbingan dalam belajar.



  5. Faktor-faktor individual
  6. Ketiga, Faktor yang mempengaruhi belajar, adalah faktor-faktor individual. Faktor-faktor individual juga sangat besar penggaruhnya terhadap belajar seseorang. Misalnya tentang kematangan individu, usia, perbedaan jenis kelamin, pengalaman sebelumnya, motivasi, kondisi kesehatan, dll.




Prinsip- Prinsip Belajar


Thomas Rohwer dan Slavin menyajikan beberapa prinsip belajar yang efektif sebagai berikut:


  1. Spesifikasi (specification)
  2. Pertama, Prinsip belajar yang efektif, adalah Membuat spesifikasi. Dalam strategi belajar, hendaknya sesuai dengan tujuan belajar dan karakteristik siswa yang menggunakannya. Misalnya belajar sambil menulis ringkasan akan lebih efektif bagi seseorang, namun tidak efektif bagi orang lain.



  3. Pembuatan (Generativity)
  4. Kedua, Prinsip belajar yang efektif, adalah Membuat catatan yang mudah diingat. Dalam strategi belajar yang efektif, memungkinkan seseorang mengerjakan kembali materi yang telah dipelajari dan membuat sesuatu menjadi baru. Misalnya membuat diagram yang menghubungkan antar gagasan, menyusun tulisan ke dalam bentuk garis besar.



  5. Pemantauan yang efektif (effective monitoring)
  6. Ketiga, Prinsip belajar yang efektif, adalah Melakukan pemantauan yang efektif. Pemantauan yang efektif dilakukan agar siswa mengetahui kapan dan bagaimana cara menerapkan strategi belajarnya.



  7. Kemujarapan personal (Personal Efficacy)
  8. Keempat, Prinsip belajar yang efektif, adalah Personal efficacy. Siswa harus memiliki kejelasan bahwa belajar akan berhasil apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh. Dalam hal ini guru dapat membantu siswa dengan cara menyalenggarakan ujian berdasarkan pada materi yang telah dipelajari.




Cara Belajar Yang Efektif


Slavin menyarankan tiga strategi atau cara belajar yang dapat digunakan untuk belajar yang efektif, yaitu:


  1. Membuat Catatan
  2. Pertama, Cara belajar yang efektif, adalah Membuat catatan. Cara yang paling banyak digunakan pada waktu belajar dari bacaan maupun belajar dari mendengarkan ceramah adalah mencatat. Cara belajar ini akan menjadi efektif untuk materi belajar tertentu karena mempersyaratkan pengolahan mental untuk memperoleh gagasan utama tentang materi yang telah dipelajari dan pembuatan keputusan tentang gagasan-gagasan apa yang harus ditulis.



  3. Belajar kelompok
  4. Kedua, Cara belajar yang efektif, adalah Belajar kelompok. Belajar kelompok ini memungkinkan siswa membahas materi yang telah dibaca atau didengar dikelas. Belajar kelompok lebih baik dibandingkan belajar sendiri-sendiri karena dalam belajar kelompok posisi penyaji dan pendengar ini dapat dilakukan secara bergantian sehingga seluruh individu dalam kelompok memiliki pemahaman yang sama terhadap materi yang dipelajari.



  5. Menggunakan metode PQR4 (Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review)
  6. Ketiga, Cara belajar yang efektif, adalah Menggunakan metode PQR4. Cara belajar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa terhadap materi yang dipelajari. Prosedur yang digunakan dalam metode ini adalah mensurvei atau membaca dengan cepat materi yang dibaca, membuat pertanyaan untuk diri sendiri, membaca materi, memahami dan membuat kebermaknaan informasi yang disajikan, praktek mengingat informasi, bertanya secara aktif atas materi yang telah dipelajari.




Demikian penjelasan mengenai Pengertian, Unsur-Unsur, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Prinsip-Prinsip, dan Cara Belajar Yang Efektif.



Lihat juga


Semoga Bermanfaat. .


No comments:

Post a Comment

Tulis Komentar Di Sini