Motivasi Belajar - Pengertian, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Fungsi, dan Cara Meningkatkan - UTAMA RIZKY

Blog Yang Ditujukan Untuk Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Tuesday, December 8, 2020

Motivasi Belajar - Pengertian, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Fungsi, dan Cara Meningkatkan

Motivasi Belajar



Hai, Sahabat. . Hari ini, saya akan membahas tentang Pengertian, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Fungsi, dan Cara Meningkatkan Motivasi Belajar.




Daftar isi
  1. Pengertian Motivasi Belajar
  2. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar
  3. Fungsi Motivasi Belajar
  4. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar


Pengertian Motivasi Belajar


Pada dasarnya, definisi atau pengertian motivasi adalah suatu usaha yang disadari untuk menggerakkan, menggarahkan dan menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu.


  1. Definisi atau pengertian Motivasi belajar adalah suatu perubahan tenaga di dalam diri seseorang (pribadi) yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.

  2. Menurut Clayton Alderfer, definisi atau pengertian Motivasi belajar adalah kecenderungan siswa dalam melakukan kegiatan belajar yang didorong oleh hasrat untuk mencapai prestasi atau hasil belajar sebaik mungkin. Motivasi belajar juga merupakan kebutuhan untuk mengembangkan kemampuan diri secara optimum, sehingga mampu berbuat yang lebih baik, berprestasi, dan kreatif. Kemudian menurut Clayton Alderfer, motivasi belajar adalah suatu dorongan internal dan eksternal yang menyebabkan seseorang (individu) untuk bertindak atau berbuat mencapai tujuan, sehingga perubahan tingkah laku pada diri siswa diharapkan terjadi.


Jadi, definisi atau pengertian motivasi belajar adalah kondisi psikologis yang mendorong siswa untuk belajar dengan senang dan belajar secara sungguh-sungguh, yang pada gilirannya akan terbentuk cara belajar siswa yang sistematis, penuh konsentrasi, dan dapat menyeleksi kegiatan-kagiatannya.



Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar,yaitu:


  1. Cita-cita atau aspirasi siswa
  2. Pertama, Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah Cita-cita. Cita-cita dapat berlangsung dalam waktu sangat lama, bahkan sepanjang hayat. Cita-cita siswa untuk ”menjadi seseorang” akan memperkuat semangat belajar dan mengarahkan pelaku belajar. Cita-cita akan memperkuat motivasi belajar intrinsik maupun ektrinsik, sebab tercapainya suatu cita-cita akan mewujudkan aktualisasi diri.



  3. Kemampuan Belajar
  4. Kedua, Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, adalah Kemampuan dalam belajar. Dalam belajar dibutuhkan berbagai kemampuan. Kemampuan ini meliputi beberapa aspek psikis yang terdapat dalam diri siswa. Misalnya; pengamatan, perhatian, ingatan, daya pikir dan fantasi. Di dalam kemampuan belajar ini, sehingga perkembangan berfikir siswa menjadi ukuran. Siswa yang taraf perkembangan berfikirnya konkrit (nyata) tidak sama dengan siswa yang berfikir secara operasional (berdasarkan pengamatan yang dikaitkan dengan kemampuan daya nalarnya). Jadi siswa yang mempunyai kemampuan belajar tinggi, biasanya lebih termotivasi dalam belajar, karena siswa seperti itu lebih sering memperoleh sukses oleh karena kesuksesan memperkuat motivasinya.



  5. Kondisi Jasmani dan Rohani Siswa
  6. Ketiga, Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, adalah Kondisi jasmani dan rohani. Siswa adalah makhluk yang terdiri dari kesatuan psikofisik. Jadi, kondisi siswa yang mempengaruhi motivasi belajar disini berkaitan dengan kondisi fisik dan kondisi psikologis, tetapi biasanya guru lebih cepat melihat kondisi fisik, karena lebih jelas menunjukkan gejalanya daripada kondisi psikologis. Misalnya: siswa yang kelihatan lesu dan mengantuk mungkin juga karena malam harinya bergadang atau juga sakit.



  7. Kondisi Lingkungan Kelas
  8. Keempat, Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, adalah Kondisi lingkungan kelas. Kondisi lingkungan merupakan unsur-unsur yang datangnya dari luar diri siswa. Lingkungan siswa sebagaimana juga lingkungan individu pada umumnya ada tiga yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Jadi, unsur-unsur yang mendukung atau menghambat kondisi lingkungan berasal dari ketiga lingkungan tersebut. Hal ini dapat dilakukan misalnya dengan cara guru harus berusaha mengelola kelas, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menampilkan diri secara menarik dalam rangka membantu siswa termotivasi dalam belajar.



  9. Fakter-Faktor Dinamis Belajar
  10. Kelima, Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, adalah Faktor-faktor dinamis terkait siswa. Faktor-faktor dinamis dalam belajar adalah faktor-faktor yang keberadaannya dalam proses belajar yang tidak stabil, kadang lemah dan bahkan hilang sama sekali.



  11. Upaya Guru Membelajarkan Siswa
  12. Keenam, Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, adalah Upaya guru. Upaya yang dimaksud di sini adalah bagaimana guru mempersiapkan diri dalam membelajarkan siswa mulai dari penguasaan materi, cara menyampaikannya, menarik perhatian siswa.




Fungsi Motivasi Belajar


Fungsi motivasi belajar ada tiga yakni sebagai berikut:


  1. Mendorong manusia untuk berbuat
  2. Pertama, Fungsi motivasi belajar, adalah mendorong seseorang untuk berbuat sesuatu. Sebagai penggerak atau motor yang melepaskan energi. Motivasi dalam hal ini merupakan motor penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan.



  3. Menentukan arah perbuatan
  4. Kedua, Fungsi motivasi belajar, adalah Menentukan arah perbuatan. Maksud dari fungsi motivasi belajar ini adalah memberi arah tujuan yang hendak dicapai. Dengan demikian motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuannya.



  5. Menyeleksi perbuatan
  6. Ketiga, Fungsi motivasi belajar, adalah Menyeleksi perbuatan. Maksud dari fuegsi motivasi belajar ini adalah menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan yang tidak bermanfaat dengan tujuan tersebut.




Selain itu, ada tiga fungsi motivasi belajar, yaitu:


  1. Mendorong timbulnya kelakuan atau sesuatu perbuatan
  2. Pertama, Fungsi motivasi belajar, adalah Mendorong timbulnya suatu perbuatan. Tanpa motivasi maka tidak akan timbul suatu perbuatan seperti belajar.



  3. Motivasi berfungsi sebagai pengarah
  4. Kedua, Fungsi motivasi belajar, adalah sebagai Pengarah. Maksud dari fungsi motivasi belajar ini adalah menggerakkan perbuatan ke arah pencapaian tujuan yang di inginkan.



  5. Motivasi berfungsi penggerak
  6. Ketiga, Fungsi motivasi belajar, adalah sebagai Penggerak. Motivasi belajar ini berfungsi sebagai mesin, besar kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu pekerjaan atau perbuatan. Jadi, fungsi motivasi secara umum adalah sebagai daya penggerak yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu perbuatan tertentu untuk mencapai tujuan yang diharapkan.




Cara Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar


Ada beberapa strategi atau cara untuk meningkatkan motivasi belajar antara lain sebagai berikut:


  1. Membangkitkan minat belajar
  2. Pertama, Cara meningkatkan motivasi belajar, adalah Dengan meningkatkan minat belajar. Pengaitan pembelajaran dengan minat siswa adalah sangat penting dan karena itu tunjukkanlah bahwa pengatahuan yang dipelajari itu sangat bermanfaat bagi mereka. Cara lain yang dapat dilakukan adalah memberikan pilihan kepada siswa tentang materi pembelajaran yang akan dipelajari dan cara-cara mempelajarinya.



  3. Mendorong rasa ingin tahu
  4. Kedua, Cara meningkatkan motivasi belajar, adalah Mendorong rasa ingin tahu. Guru yang terampil akan mampu menggunakan cara untuk membangkitkan dan memelilhara rasa ingin tahu siswa di dalam kegiatan pemmbelajaran. Metode pembelajaran studi kasus, diskoveri, inkuiri, diskusi, curah pendapat, dan sejenisnya merupakan beberapa metode yang dapat digunakan untuk membangkitkan hasrat ingin tahu siswa.



  5. Menggunakan variasi metode penyajian yang menarik
  6. Ketiga, Cara meningkatkan motivasi belajar, adalah Dengan menggunakan variasi metode penyajian. Motivasi untuk belajar sesuatu dapat ditingkatkan melalui penggunaan materi pembelajaran yang menarik dan juga penggunaan variasi metode penyajian.


  7. Membantu siswa dalam merumuskan tujuan belajar
  8. Keempat, Cara meningkatkan motivasi belajar, adalah Membantu siswa merumuskan tujuan belajar. Prinsip yang mendasar dari motivasi adalah anak akan belajar keras untuk mencapai tujuan apabila tujuan itu dirumuskan atau ditetapkan oleh dirinya sendiri dan bukan dirumuskan atau ditetapkan oleh orang lain.



Demikianlan penjelasan tentang Pengertian, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Fungsi, dan Cara Meningkatkan Motivasi Belajar.



Lihat juga

No comments:

Post a Comment

Tulis Komentar Di Sini